Rahasia sukses orang jepang

Rahasia sukses orang jepang

Rahasia sukses orang jepang - Pada dasarnya semangat bangsa jepang tidaklah jauh berbeda dengan bangsa-bangsa Asia lainnya. Jika bangsa jepang adalah pekerja keras maka bangsa lain seperti Korea, Cina juga pekerja keras. Lalu apa yang membedakan kesuksesan bangsa jepang dengan bangsa-bangsa Asia lainnya. 

Keberhasilan yang diperoleh bangsa Jepang tersebut memposisikan mereka sejajar dengan bangsa Barat. Jika dilihat dari kondisi fisik bangsa Jepang memiliki ukuran fisik yang kecil jika dibandingkan dengan fisik orang Barat sangat jauh sekali.

Dalam hal berbisnis Jepang kalah hebat dengan orang Cina, lalu sebenarnya apa letak kunci atau ciri khas yang menjadi tolak ukur keberhasilan jepang. Ternyata kunci keberhasilan Bangsa Jepang adalah pada kedisiplinan mereka. Bangsa Jepang terkenal sangat disiplin dalam menggunakan waktu, kedisiplinan itulah yang membentuk sikap dan semangat pekerja keras orang-orang Jepang.

Orang Jepang terkenal tepat waktu, misalkan saja orang Jepang mengadakan janji pertemuan di suatu tempat pada jam 10.00 maka sebelum jam 10.00 mereka sudah berangkat dan tepat jam 10.00 mereka tiba di tempat pertemuan tersebut. Berdasarkan pengalaman saya yang saat ini bekerja di perusahaan Jepang yang ada di Indonesia, ketika ada tenaga yang didatangkan dari Jepang untuk mengurusi suatu pekerjaan tertentu bisa dikatakan sebagai tenaga ahli sikap, etos kerja mereka sangat jauh berbeda sekali jika dibandingkan dengan orang-orang kita-kita. 

Mereka sangat disilplin sekali baik dari segi persiapan peralatan kerja benar-benar telah dipersiapkan dengan lengkap sebelumnya, apa saja peralatan yang dibutuhkan saat mereka bekerja, peralatan-peralatan keselamatan, dan standar-standar yang telah ditetapkan dalam bekerja mereka patuhi dengan sungguh-sungguh. 

Satu contoh lagi yaitu mengenai jam istirahat siang (makan siang) misalkan jam istirahat dilmuai dari jam 11.45 s/d 12.30, sebelum bel berbunyi mereka tidak akan istirahat dan ketika tiba waktu istirahat selesai yaitu jam 12.30, maka sebelum jam waktu tersebut mereka sudah bersiap-siap biasanya 5 sampai dengan sepuluh menit sebelum jam kerja dimulai dan tepat jam 12.30 mereka mulai bekerja kembali. Disini kita dapat mengambil pelajaran bahwa orang-orang Jepang sangat menghargai waktu.

Disiplin tinggi yang dimiliki bangsa jepang membuat mereka menjadi orang yang sangat bertanggung jawab terhadap pekerjaannya, bahkan demi keberhasilan perusahaan kadang-kadang mereka rela bekerja lembuar tanpa dibayar. Displin bangsa Jepang sangat berkaitan dengan harga diri, jika mengalami kegagalan dalam suatu organisasi tertentu orang jepang akan sangat malu. Maka dari itu mereka bekerja keras mati-matian untuk mencapai keberhasilan dalam perusahaan atau organisasi mereka. 

Contoh menarik yang dapat kita jadikan pelajaran, di Jepang pernah suatu ketika terjadi kecelakaan kereta yang menimbulkan banyak korban jiwa, apa yang kemudian dilakukan oleh Menteri perhubungan tersebut, dia seketika mengajukan pengunduran diri karena merasa malu tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik.

Orang Jepang sangat merasa dihargai jika diberikan tugas pekerjaan yang berat. Mereka senang jika disebut sebagai pekerja keras dan merasa terhina jika diberikan pekerjaan mudah yang tidak ada tantangannya. Mereka rela menghabiskan lebih banyak waktu mereka di tempat kerja daripada pulang cepat ke rumah.

Hal ini sangat berbeda sekali dengan kondisi masyarakat di Indonesia yang ingin selalu pulang cepat ke rumah. Bagi masyarakat Indonesia pulang cepat dianggap memiliki status sosial yang lebih tinggi di masyarakat, sebaliknya di Jepang pulang lebih cepat dianggap sebagai pekerja yang tidak produktif dan tidak penting. 

Kebalikan dengan bangsa kita yang hanya mau kerja lembur jika dibayar dan tidak mau lembur jika tidak dibayar atau tidak bersungguh-sengguh jika dibayar kecil. Berbeda sekali dengan orang Jepang, setiap pekerja memberikan perhatian penuh dan fokus pada pekerjaan mereka. Diawasi atau tidak diawasi mereka tetap bekerja dengan sunggu-sungguh dan penuh dedikasi.

Meskipun bangsa Jepang terkenal sebagai pekerja keras bukan berarti mereka tidak memiliki waktu santai sama sekali. Mereka bersantai setelah selesai bekerja. Ada satu hal yang mengherankan dari orang-orang jepang jika pada waktu mereka bersantai pada malam harinya bersenang-senang minum-minum sampai mabuk, pagi harinya mereka tetap datang tepat waktu di tempat kerja.

Pelajaran yang bisa kita ambil dari artikel sukses bangsa Jepang ini adalah kedisiplinan mereka. Kita harus bisa mencontoh kedisiplinan mereka jika ingin sukses. Manfaat disiplin adalah membentuk semangat dan sikap bekerja keras dan menghargai setiap detik waktu untuk menciptakan keteraturan sehingga akan tercapai kualitas hidup yang diinginkan.
LihatTutupKomentar