Rangkaian Kail Jitu untuk Mancing di Laut

Beberapa waktu lalu saya pernah menulis tentang teknik mancing ngoncer (setingan pancing di bawah timah di tengah) atau simak Teknik Mancing Ngoncer
Mancing di Laut

Hai Anglers! 

Beberapa waktu lalu saya pernah menulis tentang teknik mancing ngoncer dengan menggunakan rangkaian mata pancing di bawah, dan timah di tengah. Silahkan baca artikelnya Teknik Mancing Ngoncer. Kali ini saya akan jelaskan mengapa teknik ini cukup ampuh.

Sebelum menjelaskan, sebelumnya terlebih dulu saya membuktikan teknik ngoncer ini. Namun, dalam tulisan sebelumnya Teknik Mancing Ngoncer, saya menyebutkan tentang jarak antara kail dengan timah minimal 2 meteran atau lebih. Ternyata tidak harus seperti itu, jarak antara kail dengan timah hanya 1 meteran juga terbukti ampuh.

Cara memasang kail pancing dan pemberat


Rangkaian Kail Mancing Dasaran

Dalam gambar di atas, bisa dilihat bahwa posisi kail ada di paling bawah sementara timah ada di atas kail (posisi kail di ujung dan timah di tengah). Dalam gambar itu, jarak antara kail dengan timah tidak sampai 2 meter, tetapi hanya sekitar 1 meteran saja. dan hasilnya sangat ajib.

Mengapa teknik memancing ini sangat jitu? 


Itu adalah pertanyaan yang kerap muncul. Nah! akan saya jelaskan di sini. Begini, saat anda melempar umpan ke tengah laut atau menjatuhkan dari perahu, timah yang posisinya di atas kail akan lebih dulu melluncur ke dalam air dan sampai di dasar laut juga lebih dulu. sementar kail yang ada umpannya menyusul kemudian.

Dalam kondisi umpan hidup dan arus bawah laut hidup, maka umpan yang hidup itu akan merayap di karang di dasar laut, sesekali dia akan mengambang terdorong arus. Nah, aktivitas di dasar laut itulah yang menarik perhatian ikan yang ada di sekitarnya.

Posisi umpan yang berada diujung tali juga memudahkan ikan menelan umpan, karena tidak terhalang oleh tali pancing (kenur). Sangat berbeda jika Anda menggunakan rangkaian timah di bawah dan kail di tengah.

Tetapi ingat! rangkaian timah di bawah dan kail di tengah bukan berarti tidak akan dapat ikan, sebab saya juga sebelumnya selalu membuat rangkaian kail seperti itu dan tetap ada hasilnya.

Bedanya, kalau timah di bawah dan kail di tengah, posisi kail yang berada di atas dasar laut kurang menggoda ikan yang berada di karang dasar laut. Dia hanya disambar jika ada ikan yang naik sedikit ke permukaan, bukan di dasar karang.

Cara membuat rangkaian pancing dasar


Rangkaian Jitu Kail Mancing Dasaran

Sebenarnya, dua teknik ini sering saya lakukan, namun belakangan saya lebih memilih teknik ngoncer dengan posisi kail di ujung kenur ketimbang kail ada di tengah. Dari pengalaman saya itu, saya menyimpulkan bahwa teknik ngoncer lebih maju satu tahap dalam hal disambar ikan ketimbang posisi kail di tengah.

Catatan itu tentu bukan berdasarkan penelitian ilmiah, saya hanya menjajal teknik ini di kolam kecil dalam rumah saya sebelum berangka ke laut. Anda atau pemancing lain tentu saja punya teknik rangkaian lain selain apa yang saya ceritakan di sini.

Apapun, cerita dalam catatan saya ini akan berarti dan terbukti jika Anda kemudian pergi ke laut dan membuktikannya. Anda bisa mencoba dua teknik rangkaian pancing ini. Anda bisa bandingkan kemudian, mana yang lebih cepat disambar ikan. Tentu dalam hal ini saya berbicara spot yang ada karangnya atau rumpon di dasar laut. Kalau tidak ada maka itu lain cerita.

Jika Anda pergi melaut dilengkapi GPS dan fishfinder, kontur bawah laut akan terlihat jelas di layar monitor. Dan jika monitor menunjukkan bahwa di bawah kapal adalah karang, maka cobalah rangkaian pancing ngoncer ini, Insya Allah jitu.

Pada bagian akhir tulisan ini, saya kembali mengingatkan bahwa segala sesuatunya tentu atas kehendak Allah SWT. Jika berbagai teknik belum juga berhasil, jangan kecewa atau putus asa. Mungkin Anda memang sedang tidak ditemani REZEKI. Jangan bosan, cobalah lalin waktu.

Bagi pemancing seperti saya atau mungkin juga Anda, tidak dapat ikan atau biasa disebut BONCOS, bukanlah akhir dari sebuah petualangan. BONCOS akan membuat saya semakin penasaran, terlebih jika saya strike ikan besar, itu akan lebih lebih penasaran.

Karena itu, jangan mudah putus asa. Jangan mudah kecewa. Jangan mudah bosan. Cobalah lain waktu, mungkin Anda akan mendapatkan banyak ikan dan bahkan tak sanggup untuk menghitung jumlahnya.

Faktor SABAR dan tak mudah menyerah, adalah modal utama dalam urusan olahraga mancing. Kalau Anda tidak sabaran, saya khawatir wisata mancing Anda akan sangat membosankan.

Nah Anglers! silahkan mencoba rangkaian pancing laut dasaran ini untuk memancing di lautan. 

Search keyword:

  • Rangkaian pancing laut dasaran
  • Cara membuat rangkaian pancing dasar
  • Cara memasang kail pancing dan pemberat

Salam Fish On!
LihatTutupKomentar