Jimat Mancing Batu Mustika Berang-berang, Benarkah?

Berang-berang biasa disebut sero (Bahasa Sunda) atau Kucing Air. Hewan ini katanya mengeluarkan batu mustika saat buang hajat setelah memangsa ikan..;
batu mustika berang berang

Batu Mustika Berang-berang


Salam Fish On!

Hai mancing mania, Anda tentu pernah mendengar tentang jimat bagi pemancing yang konon akan membuat Anda menjadi pemancing hebat dan selalu jadi juara dalam setiap lomba mancing. Sebab umpan selalu disambar ikan. Saya pun pernah mendengar itu, dan bahkan sempat penasaran.

Entah benar entah tidak, cerita sekitar jimat pemancing begitu menarik dan sangat menggoda. Saya bahkan pernah ingin mencoba, namun tidak jadi karena keinginan itu pupus oleh keyakinan bahwa rezeki sudah diatur oleh Allah SWT. 

Yang penting ada usaha dan ada ketekunan serta keuletan, pasti akan ada hasilnya. Hal itu sejalan dengan proses sebab akibat manisia mencari rezeki, usaha, kerja dan lain-lain.

Batu Mustika Berang-berang

Jimat yang saya maksud adalah Mustika Batu Berang-berang


Berang-berang biasa disebut sero (Bahasa Sunda) atau Kucing Air. Hewan ini katanya mengeluarkan batu mustika saat buang hajat setelah memangsa ikan di sawah atau kolam. Batu mustika itu dikeluarkan melalui mulut karena konon berang-berang tidak punya anus.

Setelah selesai buang hajat, SI Berang-berang akan mengacak-acak kotorannya kembali untuk mencari batu mustika yang keluar bersama kotoran itu. Setelah menemukan, dia akan menelan kembali matu mustika tersebut. Dan itulah sebabnya kotoran Berang-berang selalu acak-acakan. Keren ya kaya minum obat hehe.

Batu mustika yang dikeluarkan itu, kalau dimiliki manusia konon akan membuat pemegangnya hoki dalam urusan memancing. Bahkan, kalau dipecah dan dibagi beberapa bagian, orang yang punya potongan batu mustika Berang-berang juga akan selalu hoki. 

Kalau ikut lomba mancing dia dipastikan tampil sebagai juara. Batu mustika itu akan menarik perhatian ikan terhadap umpan si pemilik batu, karenanya dia akan dapat terus. Maca ciih?

Tapi sampai sekarang saya belum pernah melihat batu mustika Berang-berang tersebut. Saya juga belum pernah membuktikannya. Kalau pun ada yang cerita tentang itu, selalu ngeles kalau diajak untuk membuktikan itu. Kalau Anda para pemancing pernah melihat itu dengan mata kepala sendiri, ah tentu menarik. Saya ingin sekali membuktikannya.

Selain bisa membuat pemiliknya hoki dalam urusan mancing, batu mustika Berang-berang juga diyakini bisa membuat si pemiliknya jago berenang. Mitos ini juga begitu sering saya dengar. Tapi saya belum pernah membuktikan.

Bentuk jimat lainnya dalam urusan memancing akan saya tulis dalam sesi berikutnya. Tentu ini hanya sekedar pengetahuan saja dari mitos yang berkembang, bukan untuk diikuti atau diyakini. Semuanya tentu kembali kepada Anda. 

BTW, apapun itu, Salam Fish On! Pitutur

Silanhkan kunjungi dan baca juga artikel : 

LihatTutupKomentar