Fungsi Getah Katilayu Atau Batu Akik Katilayu Untuk Mancing

Fungsi Getah Katilayu Atau Batu Akik Katilayu Untuk Mancing, Pohon Katilayu atau Kapilayu tidak mengeluarkan getah secara terus menerus, pohon itu
Fungsi Getah Katilayu

Fungsi Getah Katilayu Atau Batu Akik Katilayu Untuk Mancing

Bicara mitos tidak akan ada habisnya memang. Berbagai mitos yang berkaitan dengan mancing banyak berseliweran. Mulai dari mulut ke mulut, hingga yang memasang iklan di dunia maya.

Tapi tidak apa-apa, sebab hal seperti ini adalah bagian dari masyarakat kita. Dan tentu saja ini tetap menarik untuk diperbincangkan. 

Beberapa waktu lalu, saya ngobrol dengan salah seorang teman yang juga seorang pemancing. Dia berkali-kali menjajal berbagai spot mancing di Banten, sayang dia tidak pernah satu perahu dengan saya. Gilang Fatah namanya.

Entah apa dan darimana mulanya, dia bercerita tentang sebuah batu akik. Maklum, Gilang memang pehobi batu akik sejak lama. Bahkan konon sebelum lahir pun dia sudah ngoleksi batu akik gak gak gak. (Sory Lang).

Saya pun sebenarnya hobi dengan batu akik. Bahkan saya pernah menjalani profesi sebagai penjual batu akik kambuhan. Belakangan, saya hanya konsentrasi pada Batu Black Opal (Kalimaya Banten).

Batu Akik Katilayu | Getah katilayu untuk mancing


Kembali ke Gilang, kata dia, ada batu akik yang memiliki manfaat serta berhasiat dan sangat baik dimiliki seorang pemancing. Batu itu namanya Batu akik Katilayu, namun ada juga yang nyebutnya Batu Akik Kapilayu. “Lu kudu baca tuh tentang Batu akik Katilayu, masa pemancing gak tahu,” kata Gilang. Batu Akik Katilayu atau juga disebut Getah katilayu berguna untuk mancing.

Dia bahkan menunjukkan sebuah situs di internet yang menjelaskan manfaat Batu Akik Katilayu dan khasiatnya. “Lu baca aja,” katanya lagi.

Ah, saya tidak tertarik dengan hal itu. Tapi karena penasaran saya pun membacanya juga. Batu akik katilayu atau batu Kapilayu merupakan batu khas dari Cirebon. Batu tersebut tercipta dari getah pohon Kapilayu.

Batu akik Katilayu atau Kapilayu berasal dari wilayah Benda Kerep, Kelurahan Argasunya, Kota Cirebon. Untuk mendapatkan batu akik katilayu ini tidak mudah. Bahkan di wilayah asalnya saja sudah sulit ditemukan.

Baca juga : Pakai Jimat Emas, Mancing Bisa Hoki

Fungsi Getah Katilayu

Pohon Katilayu | Getah katilayu


Pohon Katilayu atau Kapilayu tidak mengeluarkan getah secara terus menerus, pohon itu memiliki waktu khusus yang tidak bisa diperkirakan. Nah, untuk urusan ini Gilang jelas lebih paham hehehehe.

Setelah membaca berbagai artikel, saya kemudian bertanya ke Gilang, apakah sebagai pemancing dan pehobi (penggemar, penyuka) batu akik dia juga punya batu itu? Jawabannya cukup aneh. Dia ternyata tidak punya batu itu dan tidak pula menggunakan batu akik katilayu untuk mancing.

Bagi Gilang, batu akik yang dia miliki bukan karena ada alasan mistik, tetapi lebih kepada keindahan batu itu sendiri. Soal mancing, dia juga lebih percaya pada rezeki. Kalaupun memprediksi, dia lebih tertarik dengan penanggalan jawa.

Ah, Gilang ada-ada saja. Dia bercerita tentang manfaat getah katilayu dan khasiat Batu Akik Katilayu atau Kapilayu, tapi dia sendiri tidak punya dan tidak pernah membuktikan itu. “Ini hanya bahan obrolan saja. Sebagai bagian dari pencerahan,” katanya.

Nah pembaca, apakah Anda pernah mendengar tentang mitos batu akik katilayu ini? kalau sudah lama mendengar berarti memang saya ketinggalan. Kalau belum pernah, setidaknya tulisan saya ini bisa sedikit membantu.

Silahkan Baca juga artikel  Jimat Mancing Mustika Batu Berang Berang

Salam Fish On!
LihatTutupKomentar