Teknik Mancing di Laut Menggunakan Pelampung

Nah, untuk menghindari nyangkut yang kerap membuat pemancing bete, ada baiknya Anda mencoba dengan cara teknik mancing di laut menggunakan pelampung.
cara mancing di laut menggunakan pelampung

Cara Dan Teknik Mancing di Laut Menggunakan Pelampung

NYANGKUT! adalah kata yang paling menyebalkan bagi kita para pemancing. Selain menghabiskan timah, nyangkut juga bisa merusak reel dan joran, terlebih senar/kenur yang kita gunakan jenis PE yang kekuatannya tidak diragukan lagi.

Nah, untuk menghindari nyangkut yang kerap membuat pemancing bete, ada baiknya Anda mencoba dengan cara teknik mancing di laut menggunakan pelampung. Umumnya, mancing menggunakan pelampung dilakukan di kolam pemancingan, tambak, empang atau lokasi mancing air di tawar lainnya. Namun sebenarnya, mancing menggunakan pelampung bukanlah “milik” mancing di air tawar. Di laut juga bisa kita lakukan. Terutama menghindari NYANGKUT.

Cara mancing menggunakan pelampung sebenarnya lebih sederhana ketimbang menggunakan teknik dasaran. Yang dibutuhkan adalah pelampung untuk mancing dan joran pancing yang panjang (lebih dari 2 meter, lebih panjang lebih baik). Hal itu agar saat kita melempar umpan, titik jatuhnya tidak terlalu dekat dengan posisi kita duduk baik di pinggiran (di atas karang) atau di atas perahu.

Selain joran pancing yang panjang, kita juga butuh reel pancing yang mampu menampung senar minimal 200 meter dengan senar yang berdiameter 4lbs hingga 20lbs. Diameter senar, itu disesuaikan dengan lokasi mancing tentu saja. Jarak antara pelampung dengan kail minimal 2 meter, dan lebih dari itu maka lebih baik.

Cara Mancing di Laut Menggunakan Pelampung

Umpan Mancing di Laut Menggunakan Pelampung

Soal umpan yang digunakan adalah umpan yang selama ini sudah menjadi umum di kalangan pemancing seperti udang hidup/mati, ikan hidup/mati, potongan cumi atau cumi penuh, semuanya bisa digunakan untuk mancing. Setelah umpan dipasang, lempar ke tengah laut. Biarkan umpan dibawa arus.

Ulur terus umpan secukupnya dengan posisi steel drag reel kendor/ringan, sehingga jika ada ikan yang menyambar umpan, si ikan tidak kaget atau curiga. Dan jika umpan sudah dimakan, maka reel akan menjerit kencang dan spol pada reel terus mengulur senar.

Anda jangan buru-buru, biarkan ikan terus membawa sampai umpan diperkirakan sudah ditelah. Setelah itu, baru kencangkan drag reel untuk mulai melakukan posisi strike. Maka setelah itu, silahkan menikmati perlawanann dari ikan yang menyambar umpan. Dan jelas, itulah kenikmatan tertinggi dari aktivitas memancing.

Jadi, dengan menggunakan pelampung maka kemungkinan tersangkut di karang sangat jauh, sebab posisi kail mengambang dan tidak menyentuh karang. Ini hanya satu trik saja dari berbagai teknik mancing yang ada. Kalau sudah bosan, tentu Anda boleh mencoba teknik lain, sebab tidak ada yang melarang.

Baiklah, selamat mencoba dan Salam Fish On!
LihatTutupKomentar