Teknik Mancing Ngoncer Sangat Jitu

Teknik Mancing Ngoncer ini sebetulnya sangat sederhana. Caranya adalah dengan menempatkan kail ada di ujung senar, dan timah pemberat berada di tengah
Teknik Mancing Ngoncer

Tips Dan Teknik Mancing Ngoncer


Dari berbagai teknik mancing yang banyak dikenal, ada satu teknik yang biasa digunakan para nelayan Bojonegara, Pulau Tunda, dan Pulau Panjang. Teknik itu mereka sebut dengan Teknik Mancing Ngoncer.

Teknik Mancing Ngoncer itu lumayan jitu, sebab saya pernah mempraktekannya di Pulau Tunda beberapa waktu lalu. Hasilnya cukup kereeen, belasan ekor Ikan Lape, belasan Kakap Merah, dan puluhan jenis ikan lainnya berhasil saya angkat ke atas perahu.

Teknik Mancing Ngoncer ini sebetulnya sangat sederhana. Caranya adalah dengan menempatkan kail ada di ujung senar, sementara pemberat atau timah ada di tengah. Jika tidak menggunakan timah tetapi menggunakan pelampung atau kampul, maka posisi kampul pun seperti itu.

Jika Anda terbiasa menggunakan dua sampai tiga mata kail dalam satu joran, maka saat menggunakan Teknik Mancing Ngoncer ini sebaiknya hanya satu mata kail saja. Sebab jika lebih dari itu akan kusut.

Teknik Mancing Ngoncer

Teknik Mancing Ngoncer (posisi kail di ujung dan timah di tengah) sangat membantu, dimana umpan udang hidup atau ikan hidup bebas bergerak sesukanya, sehingga sangat memungkinkan ikan predator berukuran besar datang dan menyambar umpan.

Tetapi dengan catatan, jarak antara mata kail dengan timah yang sudah dibatasi stoper jangan terlalu dekat. Minimal jaraknya satu atau dua meter, dan makin panjang akan makin baik, sehingga umpan yang ada di mata kail bebas bergerak. Atau aplikasikan sendiri sesusai keinginan.

Jangan lupa juga dengan setingan yang harus Anda gunakan. Posisikan senar yang ke bawah (kail) sebelumnya dipasang kili-kili agar senar yang berputar dibawa arus tidak kusut.

Berdasarkan pengalaman saya, sebelum menggunakan Teknik Ngoncer, saya biasanya menggunakan teknik dasaran dimana posisi timah ada di paling ujung senar, sementara mata kail ada di atas timah. Namun hasilnya ternyata boncos.

Nelayan Pulau Tunda yang ikut bersama saya di atas perahu menyarankan agar saya menggunakan teknik yang sudah biasa mereka gunakan yaitu Teknik Ngoncer seperti yang dijelaskan di atas tadi.

Teknik Mancing Ngoncer

Setelah merubah setingan kail, tenyata memang terbukti. Saya yang tadinya bete menunggu umpan disambar, berubah menjadi orang yang paling sibuk. Sebab hampir setiap dua menit joran saya bergerak dan melengkung. Tentu ini sangat membahagiakan sekali.

Nah, Anda pun boleh mencoba Tekni Ngoncer ini, sekaligus membuktikan khasiatnya. Tapi tentu saja sebelum mancing Anda harus benar-benar faham dengan lokasi atau spot mancing Anda, dan memperhatikan tanda-tanda alam yang sudah ada.

Untuk lebih jelas tentang spot mancing dan tanda-tanda alam silahkan baca artikel sebelumnya Enam Cara Mencari Spot Mancing Jitu.

Nah Anglers! silahkan dipraktekkan teknik mancing ngoncer ini, dan Salam Fish On!
LihatTutupKomentar