Pitutur KH Arifin Ilham Untuk Para Pemancing

Pitutur merupakan nasehat atau bisa juga disebut pesan indah, dan berikut ini adalah nasehat yang di berikan oleh KH Arifin Ilham buat para pemancing.
pitutur

“PITUTUR”


Kata pitutur yakni istilah dari orang jawa yang berarti petuah, pesan atau nasehat yang di sampaikan dengan ucapan yang indah”. Dan berikut ini adalah nasehat yang di berikan oleh beliau KH Muhammad Arifin Ilham buat kita para pemancing. Catatan ini saya nukil dari postingan di dunia maya. Dan Ini adalah pesan yang sangat indah, ada baiknya kita renungkan.

Nasehat dan pesan kebaikan ini disampaikan oleh KH Muhammad Arifin Ilham saat memberikan Tausiyah dan Dzikir di Masjid Al-Istiqamah, Lengkong Pagedangan, Kabupaten Tangerang pertengahan Maret 2016 lalu.

Beliau berpesan, agar pemancing senantiasa menghiasi aktivitas mancing dengan mengingat Allah SWT, dengan melantunkan serta menghayati berbagai kalimat dzikir mulai saat duduk di atas perahu, memasang umpan, melempar kail, menunggu umpan disambar ikan, sampai saat kita strike.

Subhanallah, walhamdulillah, wa laa ilaha illallahu, wallahu akbar. Kalimat dzikir itu salah satu yang diucapkan KH Muhammad Arifin Ilham saat memberikan contoh dengan gerakan mancing di depan jamaah.

pitutur

Nasehat dan pesan KH Arifin Ilham untuk Para Pemancing


Ketika strike, jangan lupa untuk senantiasa memuji kebesaran Allah SWT atas rezeki yang telah IA berikan kepada kita para pemancing. Ucapkan Alhamdulillah dengan penuh kesadaran bahwa segala puji bagi Allah, Dzat yang maha memberi. Dan jika tidak juga strike, beliau menganjurkan agar kita melafalkan kalimat istirja yakni innalillahi wa inna ilaihi rajiun.

Kalimat ini bukan selalu untuk orang yang meninggal ketika kita mendengar kabar kematian seseorang, kalimat ini lebih kepada penyerahan diri terhadap kehendak-Nya, sebab kita semua dan mahluk hidup lainnya adalah milik Allah, dan hanya kepadanya kita berserah dan kembali. Sebab, ikan memakan atau tidak memakan umpan kita, itu semata-mata atas kehendak-NYA.

Kyai Arifin Ilham juga mewanti-wanti agar kita tidak merokok. Tentu ini pesan yang pasti sangat berat untuk sebagian besar para pemancing, namun ada baiknya kita coba berhenti merokok, sebab merokok memang mengganggu kesehatan. Yuk kita coba!

Pantangan lainnya adalah, jangan meninggalkan salat saat kita berada di atas perahu. Seasik apapun memancing, namun tetaplah dirikan salat saat wajtunya tiba. Di atas perahu tidak masalah, dan air laut sah untuk berwudhu.

Pesan kebaikan ini sangat bagus untuk kita lakukan. Aktivitas apapun, akan semakin indah jika kita tetap melafalkan kalimat-kalimat dzikir dan terus mengingat Allah. Untuk itu, mari kita coba melaksanakan pesan kebaikan yang disampaikan KH Muhammad Arifin Ilham ini.

Demikian pitutur atau nasehat KH Arifin Ilham untuk Para Pemancing, semoga bermanfaat untuk kita semua pehobi mancing indonesia.

Salam Fish On dan Wallahu a’lam. Pitutur
LihatTutupKomentar