NGOTREK: Tips dan Teknik Mancing Ngotrek

NGOTREK atau ngerawe adalah salah satu teknik memancing dengan target ikan-ikan kecil di laut. Teknik ini sangat jitu dan cukup menyenangkan.
NGOTREK

Cara Mancing Ngotrek


NGOTREK atau ngerawe adalah salah satu teknik memancing dengan target ikan-ikan kecil di laut. Teknik ini sangat jitu dan cukup menyenangkan terutama bagi yang sedang belajar mancing di laut.

Namun bagi pemancing kawakan, ngotrek atau ngerawe biasa dilakukan untuk menangkap ikan-ikan kecil jenis selar dan lain-lain yang nantinya akan digunakan sebagai umpan hidup.

Teknik mancing ngotrek atau rawe dimulai dari setingan kail yang bisa dibuat sendiri atau beli yang sudah jadi di toko pancing. Setingan kail ngotrek atau ngerawe beda dari setingan kail teknik mancing lainnya.

Rangkaian pancing ngotrek

Seperti Apa Rangkaian Pancing Ngotrek?


Setingan atau rangkaian kail untuk mancing ngotrek atau ngerawe terdiri dari banyak kail ukuran kecil yang jarak antara kail satu dengan kail lainnya minimal sejengkal orang dewasa.

Jarak antara kail dengan leader (senar pancing) juga tidak terlalu panjang, cukup sejengkal orang dewasa. Makin banyak kail yang dipasang, makin banyak kesempatan untuk mendapatkan banyak ikan sekali ngangkat.

Teknik mancing ngerawe atau ngotrek biasa dilakukan di atas perahu, dimana ada banyak potensi ikan selar di sana. Kail dilempar ke laut hingga ke dasar atau setengahnya, atau menggunakan pelampung di ujung bawah dan atas (tergantung target), lalu menarik kembali setelah dirasa cukup. Saat diangkat, akan banyak ikan yang nyangkut di kail.

Apa umpan untuk teknik mancing ngotrek ini?


Umpan yang biasa digunakan untuk ngerawe atau ngotrek bermacam-macam. Mulai dari pentil ban sepeda, plastik, atau bahan lainnya. Sebenarnya teknik mancing ngotrek tidak perlu menggunakan umpan hidup udang atau umpan lainnya.

Cukup menggunting pentil ban sepanjang masing masing beberapa senti saja lalu sitkan di kail. Atau memotong-motong kantong plastik warna putih sebesar lidi, dan mengaitkannya di kail.

Dimana spot mancing ngotrek dapat dilakukan?


Selain di tengah laut, ngotrek bisa saja dilakukan saat Anda mancing land base (mancing pinggiran) lalu melemparkan setingan kail ke tengah dan menarik (menggulung) kembali.

Hanya saja, mancing ngotrek atau ngerawe dari pinggir (land base) sangat rawan nyangkut. Tapi untuk mengobati rasa penasaran teknik ngotrek di pinggiran, tentu saja bisa dicoba dan tak perlu patah semangat.

Selamat mencoba teknik mancing ngotrek ini, semoga berhasil.

Okeh, semoga bermanfaat dan Salam Fish On! Pitutur
LihatTutupKomentar