Spot Mancing Pinggiran di Banten

Sepanjang laut Bojonegara juga sangat baik untuk mancing pinggiran. Hanya saja, lokasinya yang sudah penuh oleh pabrik
Spot Mancing Pinggiran di Banten

Mancing Pinggiran di Laut Banten


Hai Angler!

Beberapa waktu lalu ada dua teman yang bertanya dimana spot mancing pinggiran laut yang bagus. Pertanyaan itu muncul karena yang bersangkutan belum berani melaut. Alasannya takut mabuk laut dan lain sebagainya.

Nah, untuk melengkapi informasi, disini akan saya coba jelaskan beberapa titik spot mancing pingggiran di sekitar perairan Banten.

Spot Mancing Pinggiran di Banten

1. Spot Mancing Pelabuhan Paku, Anyer


Spot pinggiran ini berada di Anyer. Route untuk sampai di sana mudah saja. Dari arah Cilegon, saat memasuki perbatasan Cilegon-Kabupaten Serang Anda akan disambut gapura selamat datang. Tak jauh dari situ, ada jalan masuk ke kanan. Tandanya adalah arah panah POS TNI AL.

Anda masuk ke jalan desa itu, kemudian diujung tinggal ambil kanan lagi, kemudian lurus sampai ke muara. Nah, di sebelah kiri ada pagar, disitulah Pos Pantau TNI AL dan juga Polair Polda Banten.

Lokasi ini sangat bersih. Anda bahkan bisa membawa serta keluarga sebab halaman yang ada sangat luas. Kendaraan roda empat pun bisa masuk. Dari pos ini juga titik awal menuju Pulau Sangiang.

Dari pengalaman saya, di spot ini ada beberapa jenis ikan yang biasa menyantap umpan kita. Mulai ikan pari, kakap merah, kakap putih, krapu ukuran kecil dan sedang, ada juga ikan layang-layang. Teknik yang biasa saya lakukan adalah teknik dasaran dan casting.

Lokasi ini ramai hampir setiap malam khususnya. Nanti saat pagi datang, warga sekitar pun berbondong memancing ikan kecil dengan umpan lumut. Saya perhatikan, warga bisa membawa seember ikan selar setiap pagi.

Tetapi tentu saja itu juga berkenaan dengana rezeki yang memang mendukung. Beberapa kali saya mencoba justru selalu zonk. Tetapi setidaknya spot ini bisa membantu Anda menyalurkan hobby yang terpendam hehehe.

Spot Mancing Pinggiran di Banten

2. Spot Mancing Jeti Krakatau Daya Listrik


Spot ini ada di lingkungan PT KDL Krakatau Steel Group. Untuk sampai di sana jelas tidak mudah, sebab Anda akan distop oleh security perusahaan. Namun untuk mencoba, bisa saja Anda minta izin baik-baik. Kalau diizinkan ya masuk kalau tidak tentu saja tidak bisa.

Jeti ini memang dikhususukan untuk sandar kapal-kapal besar pendukung industri KDL. Dari bibir pantai kita harus melewati titian sekitar hampir satu kilometer menjorok ke tengah laut.

Dari pengalaman yang pernah saya rasakan, berbagai jenis ikan ada di spot ini. Mulai dari kakap merah, baramundi, krapu, bawal laut, dan jenis ikan lainnya.

Spot Mancing Pinggiran di Banten

3. Spot Mancing Breakwater Pelabuhan Merak


Spot ini cukup terkenal. Hampir setiap hari saat cuaca baik, pemecah ombak yang lumayan panjang itu selalu dipenuhi para pemancing.

Untuk sampai di sana, ada boat yang akan mengangkut Anda pulang-pergi. Kalau tidak salah ongkosnya sekitar Rp30 ribuan saja. Anda akan diantar ke pemecah ombak itu, dan akan dijemput setelah Anda puas memancing.

Ikannya cukup variatif. Namun umumnya para pemancing menggunakan teknik rawe atau ngerawe. Apa itu teknik rawe? Silahkan baca catatan saya tentang “Ngerawe Ikan Selar”.

Spot Mancing Pinggiran di Banten

4. Spot Mancing Bojonegara


Sepanjang laut Bojonegara juga sangat baik untuk mancing pinggiran. Hanya saja, lokasinya yang sudah penuh oleh pabrik tentu membuat Anda harus lebih dulu mengenal orang sekitar pabrik, setidaknya security pabrik.

Spot pinggiran yang ada di sana kondisinya lumayan dalam karena menjadi tempat sandar kapal-kapal besar. Dari pengalaman saya, berbagai jenis ikan ada di lokasi itu. Namun yang sering didapat adalah ikan kuniran, tompelan, krapu, ikan layang dan baramundi.

Nah! sementara empat ini saja dulu yang saya jelaskan. Nanti akan saya ceritakan lagi spot pinggiran lainnya. Atau silahkan baca juga: Cara mencari spot mancing di pinggir laut.

Selamat mencoba dan Salam Fish On! 
LihatTutupKomentar