Tips dan Teknik Mancing Ikan Kuwe Rambe

Nah Anglers! itu saja tips dan teknik memancing Ikan Kuwe Rambe, semoga bermanfaat bagi Anda semua. Tips ini bukan yang terbaik atau satu-satunya tips
Tips dan Teknik Mancing Ikan Kuwe Rambe

Angler! Ikan Kuwe merupakan salah satu jenis ikan yang gigih dalam alot dalam melakukan pertarungan saat dia nyangkut di kail pemancing.

Untuk menambah informasi, bahwa Ikan Kuwe terdiri dari 13 jenis ikan. Dan yang paling banyak di temui di Laut Bojonegara dan menjadi incaran pemancing setidaknya ada dua jenis yakni Ikan Kuwe Kucir dan Ikan Kuwe Lilin. Dan jika Anda mendengar jenis Ikan GT atau Giant Trevally, maka perlu diketahui bahwa ikan jenis ini masuk dalam rumpun Ikan Kuwe Rambe. (ebek)

Dalam catatan ini, saya ingin berbagi tentang teknik mancing Ikan Kuwe Rambe, agar Anda bisa strike dan tidak gagal saat bertarung.

Tips dan Teknik Mancing Ikan Kuwe Rambe

1. Settingan Atau Rangkaian pancing


Ikan Kuwe Rambe merupakan salah satu jenis ikan yang punya karakter sebagai petarung yang gigih. Dia tidak akan begitu saja bisa ditaklukkan oleh pemancing. Dalam pertarungan itu, dia terus beranang ke sana-kemari untuk melepaskan kail yang tersangkut di mulutnya.

Saking kuatnya dalam melakukan perlawanan, maka tidak jarang setingan kail yang dipasang tidak mampu berbuat apa-apa dan lepas dari kenur utama. Karenanya, setingan kail sangat menentukan untuk bisa bertarung dengan ikan jenis ini.

Untuk memulai membuat setingan kail, pertama-tama siapkan kenur/tali pancing minimal nomor 50. Posisikan kail di bawah/ujung kenur seperti umum disebut dengan teknik ngoncer.

Anda bisa memasang dua kail sekaligus untuk meminimalisir kail Anda terlepas saat bertarung dengan Ikan Kuwe. Simpul untuk kail lakukan dengan sangat hati-hati, dan pastikan kuat dan tidak akan lepas. Lihat gamber berikut:Simpul yang terpasang di kail menjadi salah satu kunci keberhasilan Anda saat bertarung dengan Ikan Kuwe Rambe.

Jika Anda memasangnya sembarangan, maka kemungkinan akan lepas sangat besar. Baca artikel sebelumnya Settingan Jitu Mancing di Laut.

senar pancing atau tali pancing

2. Senar pancing/tali pancing


Jangan menganggap remeh kekuatan Ikan Kuwe Rambe. Anda harus tahu bahwa saat Ikan Kuwe Rambe seberat 3 kilogram sedang berontak, maka beban yang terasa di joran saat dia melawan bisa dua kali lipat dari bobot Ikan Kuwe rambe sesungguhnya. Tarikan dan kegigihan Ikan Kuwe rambe itulah yang membuat dia seolah lebih besar dari ukuran yang sebenarnya.

Karenanya, saat Anda menyiapkan senar pancing/tali pancing untuk setingan, jangan memilih yang terlalu kecil atau rapuh. Pilihlah yang kuat dan alot. Jika Anda tidak mengetahui pasti ukurannya, maka akan lebih baik Anda bertanya ke pemilik toko pancing. Dia pasti akan memberitahu ukuran tali pancing atau senar pancing yang pas untuk memancing di laut. Jikapun tidak, Anda bisa bertanya kepada teman sesama pemancing. Mereka biasanya sudah punya ukuran kenur untuk setingan.

3. Umpan jitu ikan kuwe rambe


Ikan Kuwe Rambe merupakan salah satu jenis Ikan yang sangat populer. Ikan gamefish ini terkenal dengan karakternya yang rakus dan tidak mudah melawan. Jika ada sesuatu yang mengundang ineranya, maka dia akan langsung menyambar, bahkan umpan tiruan sekalipun.

Nah, sebagai ikan predator yang ganas, Ikan Kuwe rambe akan cepat merespon apa yang bergerak di sekelilingnya. Karena itu, Anda harus memastikan bahwa umpan yang ada gunakan adalah umpan hidup seperti udang atau ikan.

Umpan Jitu Mancing Ikan Kuwe rambe atau ebek

Umpan hidup memiliki gaya tersendiri saat berada di kedalaman laut, sehingga dia akan menarik perhatian si predator dan langsung menyambarnya tanpa ampun. Anda pun strike!

Bagi penggemar teknik casting atau popping, maka ini berbeda. Tidak memerlukan umpan hidup asli, sebab hanya mengandalkan gerakan lure/umpan palsu saja. Tapi, mancing menggunakan teknik ini hasil dan rasanya jauh lebih besar dari menggunakan umpan hidup.

Yang menyambar umpan tiruan/lure, biasanya merupakan ikan-ikan berukuran jumbo yang merasa terusik dengan gerakan lure/umpan tiruan yang datang tiba-tiba. Maka tanpa pikir panjang, dia akan langsung menyambar.

Nah Anglers! itu saja tips dan teknik memancing Ikan Kuwe Rambe, semoga bermanfaat bagi Anda semua. Tips ini bukan yang terbaik atau satu-satunya tips. Masih banyak cara lain yang mungkin lebih dahsyat dari tips ini. Dan jika Anda memiliki tips itu, mari berbagi untuk kebahagiaan kita semua.

Hanya satu hal yang ingin saya tegaskan, jangan pernah menganggap remeh apa yang ada di bawah permukaan laut. Siapkan segala sesuatunya dengan matang, agar aktivitas memancing Anda tidak membosankan.

Silahkan baca artikel lainnya Spot Mancing di PLTU Suralaya Cilegon.

Terkahir, selamat mencoba teknik mancing ini, dan Salam Fish On!
LihatTutupKomentar