Kakap Merah Suka Udang Hidup

Cara memasang umpan udang hidup juga bermacam-macam. Namun umumnya pemancing memasang kailnya di bagian ekor udang sehingga gerak kaki udang lebih beb
Umpan jitu ikan kakap merah yakni udang hidup

Umpan jitu ikan kakap merah yakni udang hidup


Kali ini saya akan bercerita tentang umpan yang paling diminati ikan kakap. Tulisan ini bukan hasil penelitian ilmiah, tetapi hanya berdasarkan pengalaman saya mendapatkan ikan paling poluper di kalangan pemancing ini. Ya, kakap merah Sang Fenomenal.

Dari beberapa kali menjajal spot mancing di Banten dan berhasil mengangkat kakap merah ke atas kapal, hampir kesemuanya menggunakan umpan yang sama yakni udang hidup. Yang menarik, dari lima orang yang saat itu bersama saya, semuanya strike kakap merah. Umpannya tentu saja sama yakni udang hidup.

Ada pertanyaan dalam benak saya saat baru pertama memancing, mengapa harus udang hidup? Pertanyaan itu kemudian terjawab sudah. Udang hidup tentu memberi reaksi gerak saat dia masuk ke dalam laut. Gerakan kaki udang itu tentu mengundang ikan untuk mendekati kemudian menyambarnya. 

Namun demikian, bukan berarti udah mati tidak disambar. Yang membedakan hanya kecepatan disambar saja. Kalau udang hidup lebih memungkinkan cepat disambar karena ada reaksi gerak dari udang dan menarik perhatian ikan, sementara udang mati statis, hanya bergerak dimainkan arus air.

Bagaimana cara memasang umpan udang hidup


cara memasang umpan udang hidup

Cara memasang umpan udang hidup juga bermacam-macam. Namun umumnya pemancing memasang kailnya di bagian ekor udang sehingga gerak kaki udang lebih bebas. Dengan begitu, di dalam laut udang akan berenang sekenanya. Reaksi itu tentu sangat membuat ikan penasaran dan kemudian mendekat dan memakannya.

Ada juga yang memasang umpan tepat di kepalanya, tetapi tidak sampai melukai oraknya. Hal itu dilakukan agar si udang tidak langsung mati saat dicempulngkan ke laut. Dua cara memasang umpan ini sudah sangat umum bagi kita semua. Namun, saya lebih memilih memasang kait di bagian ekor udang.

Selain efek gerak, udang juga memberikan efek cahaya saat ada di kedalaman laut. Kalau Anda tidak percaya silahkan di buktikan. Kulit udang akan terlihat bercahaya atau terlihat putih terang. Itulah mengapa umpan udang hidup sangat pavorit di kalangan pemancing. Hal itu menyebabkan harga udang hidup terus naik dari hari ke hari.

Selain udang, cummi juga menjadi umpan yang sangat menjanjikan. Ikan kakap suka dengan cumi. Caranya tentu saja mengiris cumi kecil-kecil panjang, sehingga saat masuk ke dalam laut ada efek gerak dan cumi melambai-lambai dimainkan aur laut. Sama seperti udang, cumi juga memancarkan cahaya ketika ada dikedalaman laut, sehingga memaksa ikan mendekat padanya.

cara memasang umpan cumi

Semua penjelasan di atas tentu akan berarti jika Anda ada di spot yang tepat. Kalau tidak, tentu apapun umpannya maka tidak akan berhasil. Umumnya ikan kakap merah ada di dasar laut yang berkarang (terumbu karang). Ikan ini memang termasuk jenis ikan yang di dasar laut. Mereka bermain dan bersembunyi di antara terumbuk karang. Itu terjai karena terumbu karang banyak menyimpan makanan bagi mereka.

Ikan kakap biasanya hidup bergerombol. Jika spot tepat, maka sudah dipastikan semua pemancing bisa mengangkat kakap merah ke atas kapal. Karena bergerombol, ikan predator karang ini juga sangat reponsif. Jadi ada baiknya Anda sigap dan tidak terlalu santai. Sebab bisa jadi sebelum sampai di dasar laut, umpan anda sudah disambar. Tapi awas! sekali ikan kakap lepas, sudah dapat dipastikan yang lain juga akan kabur. jadi berhati-hatinlah.

Anda penasaran? silahkan dicoba. Carilah spot yang bagus. Biasanya nelayan atau tukang perahu tahu titik kordinatnya. Selamat mencoba, tips memancing ini dan Salam Fish On!
LihatTutupKomentar