5 Sumber mendapat Ide Bisnis

5 Sumber mendapat Ide Bisnis

5 Sumber mendapat Ide Bisnis - Banyak orang ingin sukses dengan memiliki usaha sendiri. Namun sangat disayangkan keinginan dan cita-cita mulia tersebut sering terhambat hanya karena tidak memiliki ide bisnis. Lebih parah lagi karena tidak tahu dari mana bisa mendapat atau sumber ide tersebut bisa datang sehingga menjadi bisnis.

Memulai suatu usaha itu tidak jauh beda dengan kita mulai menulis. Tantangan terbesar dan pertama datang adalah menemukan ide yang harus dituangkan sebagai tulisan. Setelah menemukan ide, langkah selanjutnya akan terasa lancar, tulisan mengalir bagai air bah apa bila ide telah ditemukan. Lain cerita apa bila tidak mampu menemukan ide, maka tulisan ataupun usaha yang akan dijalankan tinggal kenangan alias mimpi yang berkepanjangan.

Sebenarnya sebuah mahluk yang dikatakan ide bisnis itu bukanlah sesuatu yang di langka atau menyerupai mahluk halus yang susah/tidak bisa dilihat apalagi di tangkap. Ide tentang bisnis itu banyak sekali bertaburan disekitar kita. Hanya karena factor kepekaan dan focus serta kejelian yang membedakan masing-masing individu dalam kemampuan menemukan dan menangkapnya.

Dalam hal jeli, focus dan kejelian bisa dilatih sedemikian rupa dan bertahap sehingga tidak secara seketika diperoleh. Mulailah dari hal-hal yang ‘sepele’ buka mata dan telinga lebar-lebar, amati dan dengarkan segala sesuatu disekitar kita, kalau sudah terbiasa maka akan muncul dua pertanyaan mendasar ‘Bagaimana itu bisa terjadi?’ dan ‘Bagaimana saya bisa memanfaatkan kejadian tersebut sehingga berdaya guna?’

Sebagaimana Judul tulisan ini “ 5 Sumber mendapat Ide Bisnis “ , melalui langkah-langkah ini kita akan menyadari bahwa ide bisnis benar-benar bertaburan disekitar kita.

1. Mengenali diri sendiri


Tidak jarang kita tidak begitu mengenal diri kita sendiri, karena tidak mau menyelami apa bakat kita, apa pengetahuan khusus kita, dan hal apa yang sangat menarik minat kita meski tidak memiliki bakat maupun keahlian. Mulai sekarang kita harus mempelajari kemampuan, potensi yang selama ini terpendam dalam diri kita. 

Karena sebenarnya inilah sumber ide yang paling kaya dan murah. Banyak orang-orang didunia ini yang sukses karena mengenali diri sendiri dengan jadi atlet, penari, pelawak, actor, aktris dan sebagainya yang kemudian meng-komersial-kan dirinya sendiri.

2. Mengenali Kebutuhan Lingkungan terdekat.


Dengan bermain dibisnis ini, sangat jelas pasarnya. Kita tidak akan kesulitan mencari konsumen karena sudah jelas konsumennya. Untuk bisa berbisnis kebutuhan lingkungan terdekat, kita harus bisa menjadi pendengar yang pertama, terbaik dan terbijaksana. 

Tidak ada jalan lain untuk mendapatkan ide dari sini selain memasang mata dan telinga lebar-lebar. Setiap saat selalu muncul kebutuhan manusia baik yang terbaru maupun hanya update-an saja. Bisa kita lihat dari perkembangan di masyarakat atau kita bisa mendengar keluhan langsung orang tentang kesulitannya akan mendapatkan kebutuhannya.

3. Mengenali dan memahami hakikat media massa.


Sekarang ini dunia terasa kecil karena begitu gencarnya informasi dari media massa. Media massa ini terbagi menjadi dua kelompok: media tulis dan elektronik. Untuk saat ini televise menjadi media elektronik yang paling familiar dengan kita. 

Kalau diamati, semua stasiun teve memiliki sebuah paket acara yang berbicara tentang ide – ide bisnis. Ide yang bisa dijual. Mulai dari profil pengusaha sampai liputan tentang suatu bisnis. Amati ide bisnis apa saja yang ada dalam liputan mereka

4. Kenali Yellow page atau buku telepon Anda


Saya ingat sekali kejadian dimana saya pernah menginap disuatu hotel di Surabaya. Karena ingin mendapat informasi tentang bisnis yang sedang terjadi di kota tersebut saya rela melakukan tindakan tidak terpuji dengan memasukan Yellow Page mereka kedalam koper untuk dibawa pulang. Buku telpon bisa menjadi sumber ide bisnis karena pihak penerbit memanfaatkan buku tersebut sebagai sumber informasi nomor telepon juga sebagai media iklan. 

Jadi banyak perusahaan/usaha-usaha yang terpampang disitu. Untuk mencarinya juga sangat mudah karena biasanya telah terkelompok sesuai dengan jenis – jenis usaha. Biasanya buku ini dibagi gratis oleh telkom yang penting sudah lunas, sekita bulan nopember.

5. Mengenali ide dan cerita sukses orang lain.


Orang-orang sukses adalah guru dan inspirator yang baik. Banyak sekali orang-orang sukses yang sekarang rela menjual cerita dan ide mereka melalui media massa. Bagi kita yang kurang memiliki akses untuk kenal mereka lebih dekat, tidak salah mengkoleksi buku-buku mereka. Memang ide dan cerita mereka biasanya tidak seratus persen ideal, akan tetapi paling tidak bisa menjadi inspirasi dan motivasi tersendiri. 

Disekitar kita tentu banyak juga orang-orang yang kehidupannya lebih mapan dari kita. Anggaplah mereka itu orang sukses, ajaklah mereka untuk berbicara banyak bergaul dengan mereka dan curi ide-ide brilian mereka.

Dengan menerapkan lima cara ini maka ide akan tercipta. Namun walaupun ide sudah tercipta, tidak akan berdayaguna apabila belum ditangkap kemudian di dayagunakan dengan arif dan bijaksana.

Sukses atau tidak kita memiliki usaha sendiri sangat tergantung dari sejauh mana kita berani untuk menerima tantangan untuk menerima keberhasilan atau kegagalan.

Anda tidak akan bisa menolak kegagalan akan tetapi kegagalan adalah sebuah pondasi kuat menuju kesuksesan.


Sumber Penghasilan dari Website atau BLog

Sumber Penghasilan dari Website atau BLog 


Tentunya tidak asing lagi dengan istilah website atau pribadinya blog? Kali ini saya ingin berbagi sumber sumber penghasilan dengan menggunakan website atau blog. Adapun Sumber penghasilan website atau blog secara umum ada 6 sumber.

Sumber-sumber ini bisa Anda pilih mana yang sekiranya bisa dilakukan oleh Anda.

1. PPC (Pay Per Click) 


Jika Anda pemilik web, Anda bisa memilih mendaftarkan website atau blog menjadi publisher (penayang iklan). Beberapa perusahaan yang menyediakan layanan PPC (Pay per Click) antara lain Google. PPC ke Google AdSense adalah yang paling popular. 

Selain Google, ada juga beberapa perusahaan lain seperti Chitika, KlikSaya, KumpulBlogger, AdsenseCamp, dan lain-lain. Cara mendapatkan penghasilan ini adalah jika website Anda sudah di terima oleh perusahaan PPC tersebut, Anda bisa ambil script iklan dari perusahaan PPC. 

Jika web Anda rame visitor/pengunjung dan pengunjung web Anda yang mengeklik iklan tersebut, maka publisher (blogger/pemilik web) akan mendapat komisi dari perusahaan penyedia PPC.

2. Program Afiliasi 


Sumber penghasilan seorang pemilik web/blog berikutnya adalah program affiliasi. Program afiliasi adalah bisnis online tanpa modal. Jika web Anda tidak diterima jadi publisher Google AdSense atau perusaan PPC (pay per click) lainnya. 

Anda bisa mencoba peruntungan untuk memperoleh penghasilan dengan mengikuti program affiliasi. Tugas Anda yang ingin punya penghasilan dari program afiliasi ini adalah mereview produk atau merekomendasi/menawarkan produk barang/jasa milik orang lain yang disitu tercantum link untuk beli produk tersebut. 

Jika ada pembaca yang tertarik lalu mengklik link afiliasi (referal) dan melakukan transaksi, maka anda sebagai pemilik web akan mendapat komisi.

3. Paid Review atau Jasa Review 


Selain penghasilan dari dan menjadi affiliater, seorang pemilik web atau blog bisa menghasilkan uang dari paid review. Paid review adalah menulis ulasan (review) barang atau jasa kemudian dipublikasikan di blog/web miliknya, setelah itu ia akan menerima bayaran dari perusahaan yang memintanya untuk menulis artikel review tadi.

4. Iklan Mandiri 


Anda punya website rame? Pengunjungnya banyak? Manfaatkan sumber penghasilan ini. Iklan mandiri adalah salah satu sumber penghasilan blogger. Seorang blogger menyediakan slot iklan di blog/website miliknya baik dalam bentuk iklan teks atau banner dan langsung ditawarkan kepada calon pemasang iklan. Iklan mandiri ini biasanya kontrak waktu biasanya bulanan atau tahunan. 

Jika web Anda rame pengunjung, untuk ukuran banner 250 x 300 bisa Anda jual ke orang ratusan-hingga jutaan per bulan. Bayangkan jika 1 banner dijual Rp. 500rb/bulan dan web Anda punya 10 slot saja, maka Anda bisa punya penghasilan Rp. 5jt/bulan hanya dari iklan mandiri tersebut. 

Semakin besar ukuran banner iklan dan semakin banyak jumlah pengunjung, maka tarif iklan mandiri biasanya akan semakin tinggi. Pengiklan juga biasanya baru mau bayar jika web memiliki trafik tinggi atau di website-website terkenal.

5, Menjual Produk 


Sumber penghasilan website yang kelima adalah menjual produk. Menjual produk adalah salah satu cara yang sangat direkomendasikan. Ini adalah sumber penghasilan dari website yang relative bisa didapatkan dalam waktu singkat. Tugas Anda setelah punya web tinggal menjual produk. Produk bisa punya orang lain atau milik sendiri. 

Jual produk saat ini juga tanpa perlu stok atau tanpa modal. Anda bisa jual produk secara dropship. Menjual produk dengan dropship terbukti banyak melahirkan jutawan-jutawan baru.

6. Menjual Jasa 


Jual jasa milik sendiri untungnya banyak, resikonya kecil. Namun menjual jasa tidak harus Anda punya keahlian sendiri. Jadi jika Anda ingin punya penghasilan dari website dengan menjual jasa, tugas Anda adalah membuat informasi dan penawaran jasa yang ingin Anda tawarkan. Hampir semua jasa sekarang ini sudah bisa ditemukan via website. Sekarang tinggal pilihan masing masing saja. Selamat berburu bisnis untuk website anda.

LihatTutupKomentar