Peluang Usaha Kuliner Roti Es Krim (Ice Cream Bread)

Perpaduan rasa lembut es krim dengan sensasi manis dingin dengan empuknya roti, menimbulkan cita rasa yang pas. Nikmat dan mengenyangkan
Peluang Usaha Kuliner Roti Es Krim

Peluang Usaha Kuliner Roti Es Krim (Ice Cream Bread) - Selama ini yang banyak dilakukan oleh orang-orang adalah jika mau makan roti selalu dilapisi selai, atau mentega dengan tabur meses. Namun, makan roti dengan lapisan es krim belum banyak orang yang tahu. Sudah dapat dibayangkan, rasanya pasti sangat enak. Perpaduan rasa lembut es krim dengan sensasi manis dingin dengan empuknya roti, menimbulkan cita rasa yang pas. Nikmat dan mengenyangkan. 

Ini bisa menjadi alternatif jika malas makan dengan menu yang berat, seperti nasi, maka roti es krim dapat menjadikan alternatif yang tepat. Meski tidak saat lapar, roti es krim juga cocok dinikmati saat santai ketika sendiri, bersama teman maupun keluarga. 

Ide pembuatan roti es krim tergolong baru. Sebenarnya tradisi makan roti es krim inni sering penulis lakukan bersama keluarga. Dan ini agak repot dilakukan karena ketika ingin menikmatinya harus membawa roti sendiri ke tempat penjual es krim. Karena sejauh ini belum pernah ada restoran yang menjual menu khusus ini. 

Hanya baru-baru ini admin menemui stan kecil di sebuah Mal yang menjual menu ini. Waktu itu bersama keluarga penulis sedang menikmati hidangan ayam kremes di sebuah mal. Seperti biasanya kami sudah membawa bekal roti tawar yang nantinya akan memesan es krim untuk dimakan bersamaan. 

Persis di lantai bawah yang bersebelahan dengan restoran tempat kami berada, ada sebuah stan meja (booth portable) yang menjual menu yang kami anggap belum ada yang menjual. Setelah melakukan survey, ternyata produk tersebut adalah franchise dari luar negeri yang baru buka satu bulan berjalan.

Itu pun mereka sudah mengantongi omzet rata-rata di atas dua juta per hari. Sungguh sebuah prospek yang bagus bagi sebuah bisnis kuliner. Bahkan pada hari-hari tertentu bisa mencapai angka enam juta dalam satu hari.

Ini adalah peluang usaha kuliner yang sangat menjanjikan untuk dicoba. Anda bisa menciptakan berbagai toping pada es krim buatan Anda. Lakukan eksperimen dengan berbagai bahan yang berbeda, dan belum pernah ada di pasaran. Anda juga bisa memadukannya dengan pelengkap lain dalam es krim produk Anda.

Dalam penyajiannya tempatkan satu lembar roti, bisa rasa tawar atau manis. Lalu letakkan es krim di atasnya, letakkan pula pelengkap lainnya, seperti meses, cokelat, permen, dan aneka bahan lainnya.

Strategi Operasional Bisnis Roti Es Krim


  • Mulailah dengan mencari tempat yang strategis. Lakukan survey tentang ramai tidaknya tempat tersebut dilalui orang. Pertimbangkan pula bila mendirikan usaha ini di dekat kampus, sekolah, atau di mal.
  • Buat rancangan dan perhitungan tentang modal yang dibutuhkan. Lalu, mulailah untuk menyesuaikan dengan modal yang Anda miliki. Jika Anda tidak memiliki modal yang cukup, Anda bisa mencari modal dengan pengajuan kredit, atau mengajak kerja sama dengan anggota keluarga atau teman.
  • Salurkan ide-ide kreatif Anda dalam menyajikan roti es krim buatan Anda. Buatlah nama-nama menu yang menarik dengan menyesuaikan bahan pelengkapnya.
  • Lakukan uji coba dengan membagikannya pada saudara, tetangga, maupun teman-teman. Mintalah mereka memberikan kritik dan masukkan, demi kelancaran usaha Anda.

Deskripsi Keuntungan Bisnis Roti Es Krim


  • Harga per porsi rata-rata Rp 20.000
  • Prediksi target penjualan 60 porsi per hari
  • Pendapatan rata-rata per hari Rp 1.200.000
  • Prediksi keuntungan 70 %
  • Total pendapatan: 70% x Rp 20.000 = Rp 14.000 per porsi
  • Prediksi pendapatan dalam satu bulan: 60 x Rp 14.000 x 25 = Rp 21.000.000

Pendapatan yang diperoleh adalah pendapatan bruto, belum termasuk biaya pegawai, sewa tempat, serta biaya operasional lainnya. Harga pun bisa disesuaikan dengan daya beli konsumen. Untuk pembukaan kedai di pinggir jalan, tentunya akan berbeda dalam harga, dibandingkan jika membuka restoran di dalam mal.

Hambatan Dan Saran Dalam Bisnis Kuliner Roti Es Krim


  • Modal yang dibutuhkan dakam usaha pembuatan es krim tergolong lumayan besar. Hal ini dikarenakan alat serta bahan pembuatannya pun tergolong mahal. Oleh karenanya tidak ada salahnya Anda mengajukan kerja sama dengan mereka yang memiliki modal.
  • Pesaing usaha sejenis es krim tergolong banyak. Namun ide usaha membuat roti es krim baru sedikit yang sudah ada, sedangkan kreasi aneka toping yang bervariasi akan membuat Anda menang dalam bersaing. Karena produk Anda akan menjadi berbeda dengan produk yang sudah ada.
  • Lakukan promosi yang konsisten, agar konsumen terus-menerus menjadi pelanggan. Bila perlu adakan event yang bisa mendatangkan pengunjung dalam jumlah yang lumayan banyak.
  • Berikan pelayanan yang memuaskan pada pelanggan, yang mencakup kenyamanan tempat, kecepatan, penyajian, cara penyajian, dan sebagainya.
LihatTutupKomentar