Peluang Usaha Kuliner Es Krim Talas

Peluang Usaha Kuliner Es Krim Talas, Es krim telah sejak lama dikenal oleh masyarakat. Rasanya yang lembut, dingin, dan manis membuat siapa saja
Peluang Usaha Kuliner Es Krim Talas

Peluang Usaha Kuliner Es Krim Talas - Es krim telah sejak lama dikenal oleh masyarakat. Rasanya yang lembut, dingin, dan manis membuat siapa saja menyukainya. Tidak terbatas pada anak-anak, remaja, orang dewasa, bahkan manula pun menyukainya. Banyaknya peminat akan jenis minuman yang satu ini, membuat para pengusaha es krim berlomba-lomba menciptakan inovasi produknya. Berbagai varian rasa pun menjadi andalan bagi setiap pengusaha kuliner. 

Baru-baru ini masyarakat dibuat penasaran dngan sebuh inovasi baru pada bahan es krim, yaitu bahkan es krim telo. Es krim telo, adalah sebuah es krim yang terbuat dari bahan ketela. Sejak kehadirannya, es krim ini telah memiliki pelanggan. Dan es krim telo pun laris terjual.

Terinspirasi dari es krim telo, Anda pun bisa membuat es krim dengan terobosan baru, misalnya es krim talas, es krim sukun, es krim kentang, dan sebagainya. Ketiga bahan tersebut sangat bagus dijadikan bahan tambahan pada es krim. Alasan pertama, karena memiliki kandungan gizi, sehat (tidak mengandung bahan kimia), tidak mempengaruhi cita rasa. Bahkan, menambah nilai rasa menjadi lebih lembut, serta memiliki warna yang netral, sehingga mudah dibuat variasi warna yang bermacam-macam.

Kandungan karbohidrat pada talas tergolong cukup tinggi. Selain itu, talas juga mengandung protein, lemak, kalsium, dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan. Oleh karenanya, es krim berbahan talas akan menjadi produk yang sehat dan disukai oleh semua kalangan. Bahan talas pun dapat dengan mudah diperoleh, karena tersedia hampir di setiap pasar. Dan keuntungannya lagi, harga talas relatif murah. Ini akan memberikan kemudahan bagi pengusaha untuk menentukan harga yang dapat terjangkau bagi masyarakat secara umum.

Mengenai cara pembuatan, sama dengan ketia akan membuat es krim dengan bahan lainnya, yaitu dengan mengolah bahan es krim menjadi seperti bubur yang terdiri dari gula, susu, tepung es krim, talas, serta aneka toping, antara lain: cokelat, durian, cerry, strawberry, dan lain-lain

Strategi Operasional Bisnis Kuliner Es Krim Talas


  • Lakukan percobaan berulang-ulang dalam pembuatan es krim. Ini untuk mengetahui bagaimana kualitas dari es krim buatan Anda.
  • Ciptakan berbagai varian rasa. Agar produk es krim lebih menarik konsumen.
  • Cobalah membuka usaha dalam skala kecil terlebih dahulu, ini bisa Anda tawarkan di sekolah-sekolah, atau tempat perkumpulan anak-anak.
  • Tawarkan pula melalui jaringan internet dan SMS. Untuk memperluas jangkauan pemasaran.
  • Jika pembukaan dalam skala kecil lancar, cobalah survey tempat yang lebih banyak pengunjungnya. Contohnya, pusat perbelanjaan, atau mal.

Deskripsi Keuntungan Bisnis Kuliner Es Krim Talas


  • Harga per liter Rp 18.000
  • Asumsi penjualan per hari 15 liter

Prediksi pendapatan per hari:

  • 15 x Rp 18.000 = Rp 270.000

Prediksi pendapatan per bulan:

  • 25 x Rp 270.000 = Rp 6.750.000

Pendapatan rata-rata per bulan adalah sebesar Rp 6.750.000, sementara pengeluaran dalam tiap bulannya adalah sebesar Rp 4.200.000. Jadi, keuntungan rata-rata yang diperoleh per bulan sebesar Rp 2.550.000. Dengan asumsi keuntungan seperti ini, maka balik modal (Back Event Point), akan didapat paling lama sekitar 10 bulan. Asumsi ini untuk satu gerai saja, namun jika memiliki lebih dari satu gerai/counter, maka keuntungan yang didapat akan lebih besar lagi. Belum lagi jika ada pemesanan khusus untuk acara-acara tertentu. Maka dalam satu hari penjualan akan lebih banyak lagi.

Hambatan Dan Saran Dalam Bisnis Kuliner Es Krim Talas


  • Untuk produksi dalam skala besar, dibutuhkan modal yang lumayan banyak. Anjuran untuk mendapatkan dana adalah bisa melalui pengajuan kredit di Bank, atau menjalin kerja sama dengan mereka pemilik modal.
  • Demi menyesuaikan daya beli konsumen, sebaiknya kemasan dibuat bervariasi. Dari mulai yang terkecil hingga yang besar.
  • Sangat bagus prospeknya, jika bisa menjalin kerja sama dengan pengusaha katering. Karena pada jamuan acara tertentu, kadang banyak yang menyukai suguhan menu es krim sebagai penutupnya. Sehingga jika ada yang memesan menu es krim bersamaan dengan kateringnya, maka pemilik katering akan menghubungi Anda.
  • Es krim talas tergolong masih baru, oleh karenanya sebaiknya lakukan promosi untuk memperkenalkan pada masyarakat.
LihatTutupKomentar