Peluang Usaha Kuliner Nugget Sayur

Peluang Usaha Kuliner Nugget Sayur - Berkembangnya kehidupan yang menjadi serba modern, memiliki dampak positif, yaitu adanya teknologi modern
Peluang Usaha Kuliner Nugget Sayur

Peluang Usaha Kuliner Nugget Sayur - Berkembangnya kehidupan yang menjadi serba modern, memiliki dampak positif, yaitu adanya teknologi modern yang mengangkat kehidupan menjadi serba mudah dan praktis. Dampak ini juga mempengaruhi poa hidup yang berakibat pada kebiasaan makan. Pilihan soal makanan pun jatuh pada yang rasanya yang enak, namun praktis dalam penyajian. 

Salah satunya adalah nugget. Sejak kehadirannya, semua kalangan seolah menyambutnya. Disukai tidak hanya terbatas pada anak-anak saja, akan tetapi orang dewasa pun menyukainya. Sayangnya, nugget yang biasa dijual di pasaran tidak seluruhnya memenuhi nilai gizi yang bagi anak-anak sangat dibutuhkan. 

Sebagai inovasi, usaha yang memiliki peluang usaha yang bagus adalah nugget sayuran. Nugget sayuran akan menarik hati bagi para ibu-ibu khususnya, yang akan mempermudah dalam mempersiapkan bekal sekolah anak. Ibu-ibu tidak akan khawatir lagi akan nilai gizi yang terkandung dalam nugget. Karena, di samping daging ayam, daging sapi, juga ada campuran sayuran dalam pembuatannya.

Bahan pembuatan nugget sayuran sebenarnya hampir sama dengan nugget pada umumnya, yaitu daging sapi, atau ayam, bumbu, telur, dan tepung. Hanya saja pada nugget ini ada tambahan aneka sayuran. Berdasarkan bahan tambahan yang digunakan, nugget dapat dibuat dengan beraneka varian, misalnya rasa udang wortel, rasa sapi bayam, rasa ayam toge, dan lain sebagainya.

Melihat dari cara pembuatan serta bahan-bahan yang digunakan, usaha nugget tidak membutuhkan modal yang besar. Selain itu bahan-bahan yang mudah didapat, pembuatan nugget tidak membutuhkan modal peralatan khusus, cukup apa yang kita miliki sehari-hari di dapur. Itu artinya usaha nugget memberikan keuntungan yang menarik bagi yang menjalankannya dengan serius.

Kunci keberhasilan pada bisnis ini terletak pada kreativitas pengusaha untuk menciptakan varian rasa. Untuk itu, sebaikna pengusaha tidak pernah bosan untuk bereksperimen mencoba-coba resep baru, dengan bahan tambahan yang berbeda-beda.

Strategi Operasional Bisnis Kuliner Nugget Sayur


  • Cobalah membuat nugget dengan aneka bahan untuk menghasilkan nugget dengan aneka variasi. Uji cobakan nugget buatan Anda, dan mintalah pendapat orang-orang dekat atau saudara, agar menghasilkan resep yang enak, dan dapat diterima masyarakat.
  • Produksilah dalam skala kecil terlebih dahulu, dan tawarkan di sekitar tempat Anda. Ini untuk melihat seberapa besar minat konsumen pada produk Anda. Jika laku, maka Anda bisa menambah lagi produksi, dan memperluas pemasaran.
  • Promosikan produk Anda pada acara-acara tertentu, seperti: arisan, pertemuan keluarga, jamuan makan, perkumpulan wali murid, dan sebagainya.

Deskripsi Keuntungan Bisnis Kuliner Nugget Sayur


  • Harga per bungkus (isi 10) Rp 16.500
  • Asumsi target per hari 10 bungkus

Prediksi pendapatan per hari:

  • 10 x Rp 16.500 = Rp 165.000

Prediksi pendapatan bulan pertama (25 hari):

  • 25 x Rp 165.000 = Rp 4.125.000 

Prediksi pendapatan yang diperoleh akan mengembalikan modal lebih cepat. Dan, keuntungan bersih rata-rata yang diperolehbisa mencapai 40%. Ini bergantung dari daya beli masyarakat, serta kualitas produk. Selanjutnya, untuk mengembangkan usaha, bisa membuka agen atau reseller, agar penjualan dapat lebih meningkat.

Hambatan Dan Saran Dalam Bisnis Kuliner Nugget Sayur


  • Mungkin di daerah tertentu masyarakat ada yang belum terbiasa mengonsumsi makanan sejenis ini. Ada baiknya Anda membagikan tester gratis pada beberapa orang, agar mereka mengetahui rasa produk Anda.
  • Lakukan promosi secara terus-menerus. Ini adalah usaha yang paling efektif dalam menarik konsumen, sekaligus mengingatkan pelanggan akan produk Anda.
  • Konsumen seringkali memiliki selera yang berbeda-beda. Cara mengatasinya adalah membuat produk dengan banyak varian rasa. Dengan demikian konsumen bisa memilih sesuai dengan selera yang disukainya.
  • Produk ada kalanya cepat rusak. Untuk itu Anda harus mengantisipasi sebelumnya. Perhatikan kemasan. Temukan kemasan yang cocok, agar produk bisa tahan lama.
LihatTutupKomentar