Peluang Usaha Kuliner Bakpao Buah

Peluang Usaha Kuliner Bakpao Buah

Peluang Usaha Kuliner Bakpao Buah - Bakpao adalah salah satu jenis makanan modern yang telah banyak dikenal oleh masyarakat luas. Pengusaha bakpao telah banyak dikenal oleh masyarakat luas. Pengusaha bakpao pun banyak yang telah menjalankan bisnis ini dan berkembang dengan sangat bagus. Itu artinya, bakpao memiliki daya tarik tersendiri, dan pelanggan pun terdiri dar berbagai kalangan. Tidak hanya terbatas pada anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa pu juga menyukainya. 

Bakpao buah adalah sebuah inovasi kuliner yang digagas oleh seorang pengusaha bernama Andy yang memiliki outlet pertama kali di Bandung. Seperti halnya bakpao pada umumnya, isi terdiri dari kacang merah, kacang hitam, kacang hijau dan pandan.

Berdasarkan ide ini, kita pun bisa menciptakan bakpao dengan tampilan yang berbeda dengan isi yang lebih bervariasi, misalnya dengan mengolah dari bahan buah-buahan. Sebuah ide yang bisa dikembangkan dari penulis adalah, bakpao yang berbentuk buah dengan isi yang berasal dari bahan yang sama dengan bentuknya. 

Misalnya, bakpao dengan bentuk buah strawberry yang isinya adalah juga selai dari strawberry. Sementara bakpao yang berbentuk pisang, maka isinya adalah selai dari buah pisang.

Melihat kompetitor yang telah berjalan, nampaknya bisnis bakpao merupakan bisnis yang cukup menjanjikan. Apalagi jika bakpao dikemas dan dibuat dengan bentuk yang bervariasi serta unik, tentu akan lebih menarik minat konsumen. 

Menariknya lagi dari bisnis kuliner ini, adalah bahan baku yang relatif mudah didapat dan tidak mahal. Sehingga harga jual pun dapat dijangkau oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Strategi Operasional Bisnis Kuliner Bakpao Buah


  • Cobalah membuat bakpao dengan berbagai varian isi, gunakan bahan-bahan yang berbeda dari yang sudah ada.
  • Buatlah variasi bentuk berbagai macam buah atau bentuk unik lainnya.
  • Tentukan tempat yang cocok untuk mendirikan usaha.
  • Lakukan promosi untuk menarik minat konsumen.

Deskripsi Keuntungan Bisnis Kuliner Bakpao Buah


  • Asumsi harga per kotak berisi 10 biji @ Rp 65.000
  • Asumsi target per hari 15 kotak

Prediksi pendapatan per hari:

  • 15 x Rp 65.000 = Rp 975.000

Prediksi pendapatan bulan pertama (25 hari):

  • 25 x Rp 975.000 = Rp 24.375.000

Modal utama untuk memulai usaha ini adalah sebesar Rp 26.8750.000. Modal ini diperlukan untuk membeli kebutuhan peralatan, seperti: mixer, oven, cetakan, dan lain-lainnya. Keuntungan yang diperoleh setiap bulannya, rata-rata sebesar 2 juta. Kemungkinan akan bertambah lebih banyak lagi yang diperoleh dari penjualan minuman yang memiliki keuntungan sekitar 30 hingga 40%.

Hambatan Dan Saran Dalam Bisnis Bakpao Buah


  • Hadirnya kompetitor dapat menjadi kendala. Jadi ciptakan produk yang memiliki kelebihan di atas, atau kurang lebih sama dengan kompetitor, namun memiliki harga di bawah kompetitor.
  • Masyarakat belum banyak yang mengenal produk. Cara mengatasinya, lakukan promosi, bisa juga dengan membuat sebuah event untuk memperkenalkan keberadaan produk.
  • Daya beli masyarakat kurang. Ini bisa diatasi dengan memanfaatkan bahan-bahan yang sifatnya alami dan berharga murah. Dengan begitu harga jual produk relatif lebih murah.
LihatTutupKomentar