Peluang Usaha Kuliner Dunia Durian

Peluang Usaha Kuliner Dunia Durian, Cake Durian, Donat Durian, Apem Durian, Durian Goreng, Roti Bakar Durian, Es Pelangi Durian, Dawet Durian dlsb.
Cake Durian, Donat Durian, Apem Durian, Durian Goreng, Roti Bakar Durian, Es Pelangi Durian, Dawet Durian

Peluang Usaha Kuliner Dunia Durian - Durian terkenal karena aroma dan rasa. Sudah terbayang bahwa rasa durian begitu manis legit, serta memiliki aroma khas tajam yang menggiurkan. Cita rasanya yang tinggi membuat buah ini mempunyai peminat yang luar biasa banyaknya. Mau diolah menjadi apapun rasanya tetap enak.

Maka bukan suatu mustahil jika sebuah rumah makan yang mengandalkan durian sebagai bahan utamanya, akan ramai pengunjung. Sebuah restoran yang menyajikan barbagai menu makanan atau camilan, serta minuman dengan campuran durian tentu akan menimbulkan rasa penasaran bagi siapa saja yang melihatnya. Apalagi jika terdapat menu-menu spesial yang belum pernah ada di tempat lain.

Beberapa menu makanan yang dapat disajikan pada restoran serba durian, antara lain: Cake Durian, Donat Durian, Apem Durian, Durian Goreng, Roti Bakar Durian, Es Pelangi Durian, Dawet Durian, dan sebagainya.

Melihat dari bahannya yang relatif berharga mahal, mungkin bagi sebagian orang akan merasa mahal juga terhadap tawaran menu yang disajikan. Namun bagi pecinta durian, sepertinya harga tidak akan menjadikan soal, karena uang yang dikeluarkan sama dengan kenikmatan yang didapat. Oleh karenanya jangan takut untuk mencoba menjalankan bisnis dengan bahan durian. Kenyataanya yang terjadi adalah, meski durian mahal tetap dicari banyak orang. Itu artinya peluang berbisnis olahan durian telah memiliki pangsa pasar tersendiri.

Strategi Operasional Bisnis Kuliner Dunia Durian


  • Langkah awal yang harus dilakukan adalah bereksperimen resep, untuk menciptakan makanan atau minuman yang inovatif dengan berbahan durian.
  • Menghitung jumalah modal yang dibutuhakan untuk menjalankan bisnis ini.
  • Survey tempat yang akan digunakan. Sebaiknya tempat harus strategis, mudah dijangkau dari mana pun, memiliki tempat parkir, dan tidak jauh dari keramaian.
  • Mempromosikan keberadaan usaha. Bisa dengan menyebar brosur, memasang spanduk atau pamflet, atau melalui internet.
  • Menganalisa perkembangan usaha yang sudah berjalan, untuk melihat kemungkinan menambah cabang di tempat lain. Atau bila perlu menawarkan kerja sama waralaba.

Deskripsi Keuntungan Bisnis Kuliner Dunia Durian


Oleh karena sebuah restoran memiliki menu yang beraneka macam jenis makanan serta minumannya, maka prediksi perhitungan pendapatannya sulit dibuat perincian. Hal ini juga dipengaruhi oleh harga durian yang tidak selalu sama dalam setiap musim, serta daerah yang menghasilkannya.

Namun, durian yang telah diolah menjadi makanan atau minuman umumnya memiliki nilai jual yang tinggi. Perkiraan keuntungan rata-rata yang diperoleh dari tiap makanan berbahan durian antara 30 hingga 40 persen. Sementara untuk minuman biasanya lebih tinggi, yaitu antara 30 hingga 60 persen.

Hambatan Dan Saran Dalam Bisnis Kuliner Dunia Durian


  • Harga bahan baku tidak stabil. Mengingat durian tergolong dalam buah musiman, besar kemungkinan ketika tidak musim, akan kesulitan mendapatkan bahan baku. Hal ini bisa diatasi dengan mencari cara agar durian bisa tahan lama. Bisa diolah terlebih dahulu, lalu disimpan dalam lemari pendingin sebagai stok saat durian tidak lagi musim.
  • Bahan baku mudah rusak. Durian dalam udara bebas memang tidak bisa tahan lama. Oleh karenanya, lebih baik jika mengolah bahan seperlunya saja. Sehingga hanya akan mengolah lagi jika persediaan benar-benar habis, dan ada pesanan.
  • Harga tidak stabil. Besar kemungkinan harga bahan baku di pasaran tidak stabil. Ketika tidak lagi musim harganya akan sangat mahal. Hal ini dapat diatasi dengan cara menyetok bahan saat lagi musim. Olah terlebih dulu durian yang masih segar agar dapat disimpan lebih lama. Misalnya, dijadikan dalam bentuk selai, atau sirop.
LihatTutupKomentar