Apa itu Joint Venture Sebuah Pencerahan

Apa itu Joint Venture Sebuah Pencerahan

Apa itu Joint Venture? Sebuah Pencerahan!


Dulu awalnya pertama kali saya mendengar kata JV, alias Joint Venture, wah kayaknya ndeso banget... apaan tuh yah. Lah belakangan saya tahu ternyata itu sederhana sekali.

JV bila di Indonesiakan mungkin mirip dengan kerja sama.


Sederhana kan? jadi misalkan saja ada dua orang dengan sumber daya (resources) nya masing-masing, Karena tiap orang yang berbeda, kekuatan tiap orang juga berbeda, maka sumber daya yang berbeda ini bisa ditukarkan satu sama lain. Sehingga membentuk sebuah kemitraan yang saling menguntungkan.

Nah tujuannya memang terjadi kebersamaan yang saling menguntungkan. Masak sih anda mau kalau kerja sama anda untung trus teman anda rugi? Hahaha, itu sih bukan kerja sama namanya, tetapi kerja gila.

Sebenarnya, dari pengalaman saya selama ini, menurut saya JV ini luar biasa sekali. Jika anda belum melakukannya, biar nggak ketinggalan keren, coba mulai lakukan.

Misalnya, anda mempunyai sebuah produk yang anda yakin akan laku. Lalu anda tahu bahwa teman anda mempunyai banyak sekali daftar nama yang cocok dengan produk anda. Nah daripada anda mempromosikan sendiri susah-susah, kan mendingan anda hubungi teman anda via email atau telepon dan tawarkan kerja sama.

Kalau teman tadi mau mempromosikan produk anda ke daftar namanya, maka anda akan memberikan bagi hasil 40:60 misalnya, jadi teman anda akan mendapatkan 60% keuntungan.

Dengan demikian, keduanya akan untung, anda untung karena produk anda akan dilihat oleh banyak orang sekaligus, jika tidak terjadi penjualan toh anda tidak rugi karena tidak membayar biaya promosi.

Sedangkan teman anda juga tidak rugi karena dia memanfaatkan sumber dayanya yang sudah ada. Jika terjadi penjualan dia akan untung banyak, bahkan lebih banyak dari anda. Tetapi jika tidak, dia juga nggak rugi.

See... luar biasa kan? dengan JV keduanya untung, yang satu melengkapi yang lainnya dan keduanya menjadi lebih maju bersama.

ADA banyak versi dari JV yang bisa dibentuk. Tergantung kreativitas anda dan partner. Pada intinya anda bisa menukarkan apa saja. Dan bekerja sama segila apapun, selama keduanya sama-sama untung.

Nah jangan percaya saja apa yang saya katakan, coba bentuk JV anda sendiri dan lihat hasilnya. Bisa jadi anda akan terkejut!
LihatTutupKomentar