Jigging Gear dan Gearing Yang tepat

Jigging Gear dan Bearing Yang tepat

Jigging Gear dan Bearing Yang tepat


Pada sesi kedua seminar mancing slow jigging yang diadakan produk rod Zagan di Mall Artha Gading, Kelapa Gading, yang menghadirkan Kenny Chee dan Bayu Noer membahas soal “jigging gear dan gearing yang tepat”.

Joran slow jigging


Panjang joran yang sempurna adalah 6’66”.

Lebih pendek 6’3”, action akan lebih cepat dalam melakukan slow jig. Lebih panjang 6’6”, joran sangat lambat untuk beraksi hook up atau menarik ikan jauh dari karang dan lainnya.

Joran slow jigging: Curve Action

Curve action yang high power tipe dengan Blank features yaitu moderate fast tip action dengan bagian bawah yang sangat kuat (rod bend akan mengunci 2/5 bagian bawah). Keuntungan : Rod sangat responsive daya dukung yang kuat.

Tujuan design : untuk kedalaman 100 m. target spesies dasar (kerapu besar dan snapper dan game fish macam tenggiri dan giant trevally).

Acid guide concept

  1. Line menciptakan PULL effect instead of Push yang meningkatkan stabilitas selama pertarungan. Anda dapat memfokuskan semua energy anda dalam memerangi ikan dari pada menyeimbangkan peralatan anda.
  2. Menghilangkan twisting torque. Meningkatkan lifespan of the blank.
  3. Mencegah line dari gesekan the blank and line.
  4. Meningkatkan sensitifitas rod sebagai Acid Consept smaller and lower frame guides. High sensitivity equals a higher strike rate.


Slow Jigging Reel


Untuk slow jigging diperlukan ukuran yang pas dengan rod nya.

Reel size dan gear ratio

Gunakan reel dengan kapasitas (line capacity ) : PE 2 300 m/ PE 3 200 m.
Sangat di sarankan untuk merubah sebuah handle 90 MM, karena akan memberikan kekuatan pada saat memutar reel.

HG (6.3) direkomendasikan untuk slow jigging karena dapat mengambil line lebih cepat diperairan dalam.

PG (5.1) memiliki keuntungan ketika anda melakukan jigs di dasar perairan untuk ikan-ikan dasar. Kekuatan cranking akan menghentikan ikan dasar jauh lebih mudah daripada HG.

Untuk reel ini kami rekomendasikan adalah abu Garcia revo series untuk slow jigging. Seperti toro beast, big shooter, salty stage L-J4, Inshore Jigging.

Kenur / Line


Untuk line gunakan PE 2 – 3,5 atau Braide 15 lb – 30 lb.

Menggunakan ukuran line yang lebih kecil akan memberikan keuntungan strike yang lebih karena sedikit pengarih dari kondisi air dan sensitifitas yang lebih baik. Memiliki vertical line sangat penting dalam slow picth jigging untuk menggunakan jig anda secara efektif.

Keuntungan colour mark PE atau Braid

Dalam kenur PE dan braided ada yang menggunakan warna, dari penggunaan color mark lines anda dapat membaca kedalaman air dan mempelajari struktur dasar. Mengetahui dengan persis letak jig anda di dalam air, anda dapat mengetahui bagaimana menggunakan jig anda sesuai kondisi dan memberikan keuntungan anda.

Lider


Untuk lider gunakan fluorocarbon lider dengan panjang 3 – 5 m.

PE 
  • 1.5 
  • 2,0
  • 2,5
  • 3,0

LIDER
  • 25 - 30 LB
  • 30 – 40 LB
  • 30 – 40 LB
  • 30 – 40 LB


Slow Pitch Jigs


Memutar ril secara pelan jig-jig yang kita gunakan dinamakan dengan istilah slow pitch jigs. Slow jigs bekerja dengan baik hanya dalam penerapan secara vertical. Anda akan mencapai hal ini dengan mencocokan berat jig yang tepat untuk kondisi laut. Selalu memastikan line anda dalam keadaan vertical ketika melakukan slow pitch jigging. Setelah memilih jig anda harus tahu bagaimana teknik memainkan dari jig itu sendiri.

Jig jenis volante

Dalam jenis jig volante atau bullet ada beberapa teknik memainkan.

Dalam hal ini ada tiga teknik yaitu:

  1. Slow pitch jerk. memutar pelan sehingga jig terangkat lalu melayang.
  2. Hight picth jerk. Memutar cepat sehingga jig zig zag.
  3. Long fall. Aksi jig hamper sama dengan slow pitch jerk.


Jig jenis slug


Dalam jenis jig metal slug atau jig dengan bentuk lebar bisa menggunakan teknik slow pitch jerk and long fall (slow picth jerk on spft tone, does not respond well to high tone).

  1. Jig ini tidak meluncur ke samping, gerakan dasar hanya keatas dalam kondisi miring sedikit dan akan seolah-olah ikan pingsan yang menipu ketika miring cepat dan mulai kerja falling action yang baik. Saat metal jig slug turun akan bergerak dari sisi ke sisi lain sehingga hal ini memungkin jig disambar ikan.
  2. Penggunaan metal jig slug tetaplah focus lantaran jig ini sangat yahud dan ampuh mengelabui ikan yang menjadi target kita


Kail/Hook


Mata kail yang dipergunakan untuk dipasang dalam jig.

Untuk jig dengan badan lebar maka cocokan dengan lebar mata kail tersebut dengan jignya.

Penyesuain harus melihat jig, bila tidak sesuai akan berakibat buruk dan aksi kurang bagus atau kail terjebak pada bodi jig.

Assist material

Ada dua material assist hook yaitu PE dan Kevlar.

PE
  • Features: soft dan diameter tipis
  • Advantage: less water resisten
  • Benefit: aksi jig tidak terhalang.


Kevlar
  • Features: Hardbody
  • Advantage: High abrasion resistance
  • Benefit: minimize assist line breakage with toothy fish
LihatTutupKomentar