Mancing iwak putihan | African pompano

Mancing iwak putihan african pompano

Mancing iwak putihan 


Angler sejati, mancing mania dan sahabat ku semua. Kali ini saya akan bercerita mengenai pengalaman mancing ikan kuwe di daerah Probolinggo Jawa Timur dan saya akan uraikan soal mancing ikan putihan.

Ikan putihan itu apa sih?


Lantaran warnanya putih keperak perakan maka banyak nelayan jawa timuran menamai ikan kuwe rambe dengan nama ikan putihan. Nelayan pada umumnya menamai ikan ini dengan nama kuwe rambe lantaran rambut jabrik merambe rambe hahahaha.. orang malaysia menyebut ikan ini dengan nama ebek lantaran bentuk gepeng seperti ebek.

Orang barat menamai ikan ini dengan nama african pompano.

Dimana ikan putihan ini berada?


Ikan putihan hidup di dekat karang atau rumpon rumpon. Ikan putihan hidup secara berkelompok membentuk koloni untuk memangsa ikan-ikan kecil yang memang banyak tinggal di sekitar sana.

Macing dasar


Untuk memancing ikan putihan biasanya kami menggunakan tehnik bottom fishing dengan dua rangkaian kail. Kail tang biasa kami pergunakan adalah nomor 08.

Untuk timah sesuaikan dengan arus. Bila arus mati maka pergunakan timah kecil. Kalo arus kencang maka timah besar

Umpan


Umpan bagus untuk mancing putihan adalah udang hidup. Agar udang bisa hidup saat memancing bawalah box lalu berikan aerator agar udang bisa bertahan hidup. Note : pilih udang yang berukuran kecil, atau sesuaikan keadaan.

Fighting dengan putihan


Ikan putihan sangat kuat bertarung pada awal strike. Ikan ini akan miring dan memutar melawan terus.. kesabaran dalam fighting menimbulkan kesuksesan.

Ikan putihan bagi angler sangat nikmat pertarungannya. Seru sehingga angler ingin terus memancingnya. Selamat mancing...

Kunjungi juga :

LihatTutupKomentar