Pesona Kuwe Rambe alias Iwak Putihan

Inilah si kuwe rambe yang saya pancing... 😀

Kuwe Rambe alias Iwak Putihan
ilustrasi ikan

Pesona Kuwe Rambe alias Iwak Putihan

Model siripnya yang panjang bak rambut gadis yang dikucir membuat ikan ini memiliki pesona yang menawan. Konon cerita rambutnya bisa ngejabrik sehingga seolah-olah ikan kuwe rambe kecil terkesan menjadi besar. Upaya ngejabrikin rambutnya ini adalah naluri alami untuk menyelamatkan diri dari predator besar. Ikan kuwe rambe memiliki nama keren threadfish India atau Africa Pompano dengan nama latin Alectis indicus, merupakan ikan dari keluarga jack, Carangidae. Banyak nama lokal untuk ikan ini dan yang banyak dikenal adalah iwak putihan.

Entah siapa yang memberi nama ikan threadfish india, mungkin bentuknya memang seperti rambut seorang Indian kali hehehe. Kalo di Malaysia namanya kedengaran lucu yaitu ikan ebek, mungkin dulu orang sana melihat ikan seperti bebek maka dipanggili ebek, hahaha.

Inilah si kuwe rambe
ilustrasi ikan

Saya panen kuwe rambe 😀


Spesies ini tersebar luas di perairan tropis Indo-Pasifik Barat Samudra, mulai dari Afrika timur ke India , Asia, Indonesia dan Australia. Ikan kuwe rambe mirip dengan dua spesies lain dalam genus Alectis, dengan sedikit cekung dalam profil dari kepala yang paling jelas membedakan fitur yaitu nonong alias jendol.

Besarnya dan pertumbuhan ikan kuwe rambe bisa mencapai panjang 165 cm dengan bobot mencapai 25 kg. Ikan kuwe rambe paling doyan makan ikan-ikan kecil, cumi-cumi dan krustasea.

Sensasi tarikan kuwe rambe yang luar biasa


Kuwe Rambe alias Iwak Putihan
ilustrasi ikan

Cara memancing Kuwe Rambe alias Iwak Putihan


Saya senang memancing ikan ini dengan menggunakan kenur 10 lbs dengan tehnik mancing dasar (bottom fishing).

Umpan yang paling bagus adalah udang hidup. Namun bila tidak memakai cumicumi pun jadi. Beberapa kawan saya lebih senang mancing casting dengan menggunakan spoon atau micro jig dan ternyata mau menyambar juga. Nah anda bisa pake natural bait maupun pake artifisial lure... terserah anda. Yang terpenting adalah mengetahui spotnya. Pitutur Angler Team
LihatTutupKomentar