GERAH DENGKUL

DENGKUL

Mbah, aku mau nanya. Kalo kaki bagian dengkul itu kok rasanya sakit kenapa ya mbah, yah kadang kumat gitu. Apalagi kalo habis minum es, atau kena udara dingin (ruangan AC). Kenapa ya mbah…??? Dulu pernah jatuh sih ketika naik sepeda, dan yang sakit di bagian yang sama, letaknya di bawah dengkul dikit. Kata temenku itu katanya mungkin tulang rawannya pecah, emang betul gitu mbah? 

Tengkyu mbah… 

dnyt 

Jawaban : 

Ass. wr. wb. 

Perlu diketahui, tulang rawan itu istilahnya bukan pecah, tapi robek atau cedera. Ha wong kenyal kok pecah. 

Berdasarkan data yang terbatas, kemungkinannya itu ada 2 macam, yakni tendinitis (radang tendon) atau kalo gak cedera otot saja (myalgia). 

Tak berbahaya kalo ditangani dengan benar. Untuk mengetahui lesi (luka) di otot atau tendon mana, perlu pemeriksaan ahli fisioterapi. Jangan ke dukun urut, nanti malah digarap urip-uripan kojur kang. Dibethot, enak seketika, tapi sengsara lama karena tambah cedera. 

Kalo terapi obatnya ya paling antinyeri saja, macam Asam Mefenamat 500 mg ditambah vitamin neurotropik macam Neurobion. Untuk terapi lebih lanjut, nanti dijelaskan ahli fisioterapinya… karena biasanya ada gerakan-gerakan tertentu yang dianjurkan tergantung letak lesinya. 

Pitutur
LihatTutupKomentar