Peluang Usaha Kuliner Kukis Berkarakter

Peluang Usaha Kuliner Kukis Berkarakter - Kukis atau yang seringkali disebut dengan kue kering adalah kue dengan tekstur yang renyah dan garing
Peluang Usaha Kuliner Kukis Berkarakter
Kukis Berkarakter

Peluang Usaha Kuliner Kukis Berkarakter - Kukis atau yang seringkali disebut dengan kue kering adalah kue dengan tekstur yang renyah dan garing, dan biasanya dibuat dengan aneka bentuk dan bermacam-toping. Secara umum kukis memilikibeberapa macam nama yang diambil berdasarkan bahan ataupun isi yang terdapat di dalam kukis tersebut. 

Contohnya, kukis nastar, yaitu kukis yang berisi selai nanas di dalamnya. Lalu kue putri salju, yaitu kue yang dilumuri gula halus yang warnanya putih seperti salju. Serta banyak lagi jenis kukis yang lainnya.

Biasanya kukis dibuat sebagai suguhan pada momen-momen spesial, seperti hari lebaran, hari natal, arisan, atau acara lainnya. Bentuknya yang imut dan menarik memiliki daya tarik tersendiri sebagai hidangan yang mempercantik tampilan meja.

Mengapa memilih kukis? Kelebihan dari kukis sendiri tak lain adalah dapat bertahan lama. Bahkan dalam penyimpanan yang benar kukis dapat bertahan hingga berbulan-bulan. Inilah yang membuat kukis banyak peminatnya. Selain sebagai hidangan kukis juga cocok untuk oleh-oleh, bingkisan karyawan, serta hadiah buat handai taolan.

Begitu banyak penggemar kukis, maka tak heran bila kini banyak sekali pengusaha kukis yang sukses menjalankan usahanya. Meski telah banyak kompetitor kukis yang telah berjalan, bukan berarti tidak ada lagi peluang bagi bisnis ini. Kreativitas serta inovasi dalam tampilan kukis tetap akan menjadi salah satu prioritas seseorang dalam memilih makanan ini.

Kukis dengan bentuk karakter, adalah salah satu jenis kukis yang tergolong masih jarang ada di pasaran. Permintan kukis di pasaran selalu meningkat, terutama ketika datang bulan suci Ramadhan hingga menyambut hari raya Idul Fitri. Ini menjadi sebuah peluang, dengan menciptakan kukis menjadi bentuk-bentuk yang unik, seperti gambar-gambar kartun Hello Kitty, Shaun The Sheep, Doraemon, atau gambar-gambar aneka buah jeruk, strawberry, semangka, maupun bentuk lainnya.

Perkembangan usaha kukis dengan aneka bentuk unik semakin menggeliat. Dari tahun ke tahun, permintaannya semakin bertambah. Tidak hanya terbatas pada perayaan hari besar saja, akan tetapi kukis dengan karakter ini juga sering dihadirkan ketika acara ulang tahun, maupun acara-acara yang mayoritas dihadiri oleh anak-anak. Bentuknya yang lucu dan menggemaskan memiliki daya tarik serta nilai jual yang tinggi di pasaran.

Cara pembuatan kukis berkarakter pun tidaklah terlalu sulit. Seperti halnya pembuatan kukis pada umumnya, yaitu terdiri dari tepung terigu, telur, tepung susu, gula halus, dan mentega, yang dicampur dan diaduk hingga kalis, lalu dicetak sesuai yang diinginkan. Kemudian di oven hingga matang. Setelah matang baru kukis dihiasi dengan menggunakan cokelat putih yang telah diberi warna-warna dari pewarna makanan. Cara menghiasnya bisa menggunakan plastik segitiga yang biasanya dipakai untuk menghias kue tart.

Strategi Operasional Bisnis Kuliner Kukis Berkarakter


  • Cobalah temukan resep kukis yang enak, renyah dan empuk. Berekspresilah dengan mencampurkan bahan lain seperti: kacang, keju, cokelat, dan susu, untuk menghasilkan kukis dengan cita rasa yang unik.
  • Berkreasilah menciptakan bentuk-bentuk yang unik dan lucu, agar lebih menarik minat konsumen.
  • Buatlah produk dalam skala kecil terlebih dahulu. Tawarkan kukis buatan Anda pada toko-toko makanan atau pusat oleh-oleh.
  • Tawarkan kerja sama pada pengusaha event organizer, atau sejenisnya untuk acara ulang tahun atau acara anak-anak lainnya.
  • Anda bisa memulai bisnis ini dengan tanpa modal, yaitu dengan menyebarkan brosur atau melakukan promosi. Sementara jika ada pemesanan berlakukan sistem pembayaran di depan.

Deskripsi Keuntungan Bisnis Kuliner Kukis Berkarakter


Berapa pun modal yang Anda miliki, Anda bisa memulai bisnis kukis berkarakter ini. Karena bisnis kukis dapat dikerjakan di rumah sendiri, tanpa harus menyewa tempat. Pemasarannya pun cukup mudah. Anda bisa men-display barang Anda di supermarket atau toko-toko makanan lainnya. Anda bisa juga menawarkan produk Anda melalui jaringan internet dengan memanfaatkan fitur-fitur gratis. Dengan demikian, pengeluaran yang berkaitan dengan modal bisa ditekan.

Prediksi modal awal yang dibutuhkan adalah sebesar Rp. 16.500.000,-. Ini dengan asumsi bahwa pabrik memproduksi minimal 20 toples per hari, dan menghabiskan biaya sekitar Rp 300.000,- per hari guna pembelian bahan kukis. Diasumsikan bahwa pabrik akan produksi hanya selama 25 hari, dan sisanya adalah hari libur. Jadi biaya per bulan yang harus dikeluarkan untuk membeli bahan adalah sebesar Rp 7.500.000,-.

Sementara pendapatan rata-rata yang diperoleh tiap bulannya sebesar Rp. 27.500.000,-. Ini dengan asumsi kukis dipatok dengan harga Rp 55.000,- per toples. Sehingga keuntungan bersih yang diperoleh rata-rata sebesar 30 hingga 40 persen.

Hambatan Dan Saran Dalam Bisnis Kuliner Kukis Berkarakter


  • Banyaknya pesaing dapat Anda atasi dengan membuat kreasi kukis dengan tampilan maupun kemasan yang beda dengan lainnya.
  • Berikanlah beberapa varian rasa agar konsumen bisa memilih yang sesuai dengan seleranya.
  • Temukan cara agar kukis bisa tahan lama dan tetap renyah. Tipsnya: saat memanggang usahakan kukis dalam keadaan matang secara sempurna. Dan biarkan dingin, sebelum melakukan pengemasan. Karena uap air dapat menyebabkan kemasan menjadi lembab dan akan mempengaruhi kerenyahannya.
  • Selalu tawarkan produk baru agar konsumen tidak mengalami kebosanan.
LihatTutupKomentar