Peluang Usaha Kuliner Pizza Contong

Peluang Usaha Kuliner Pizza Contong, Meski makanan ini bukan berasal dari Indonesia, tapi ternyata banyak yang menyukainya. Terbukti setiap restoran
Peluang Usaha Kuliner Pizza Contong

Peluang Usaha Kuliner Pizza Contong - Meski makanan ini bukan berasal dari Indonesia, tapi ternyata banyak yang menyukainya. Terbukti setiap restoran atau gerai makanan siap saji yang menyediakan menu pizza, tidak pernah sepi pembeli. Ini membuktikan bahwa bisnis kuliner Pizza memiliki prospek yang cerah. 

Pizza secara umum tampil denga berntuk lingkaran, yang engahnya dihiasi dengan toping, seperti sosis, jamur, brokoli, paprika, daging ayam, dan tak lupa dengan olesan saos tomat.

Pizza menggambarkan rasa gaya hidup masa kini yang selalu praktis dan modern. Menu yang dapat menjadi pengganti makanan pokok ini, begitu mudah dikenal masyarakat secara luas. Siapa sangka makanan yang sebelumnya terasa asing di masyarakat Indonesia yang notabene mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok, bisa beralih ke Pizza pada saat-saat tertentu demi memenuhi kebutuhan makanannya. Bukan itu saja, pizza juga sringkali dijadikan sebagai camilan saat santai.

Melihat begitu suksesnya perkembangan dari bisnis Pizza ini, nampakna semakin membuat pengusaha kuliner ini lebih bersemangat lagi untuk berkreasi dan berinovasi. Salah satunya adalah Pizza Cone, atau bisa disebut dengan Pizza contong. Pizza cne telah lama beredar di Jakarta. Namun, di kota-kota lain Pizza jenis ini masih jarang diketemukan. Itu artinya, peluang berbisnis Pizza seperti ini masih terbuka lebar.

Dalam variasinya, pembuatan Pizza bisa diawali dengan membuat kulit atau roti yang berbentuk contong selayaknya ice cream. Lalu, pada bagian dalam roti diisi berbagai macam toping, seperti ayam, jamur, daging, udang, sayuran, atau bahan-bahan lainnya. Sedangkan bagian atasnya dioleskan saos tomat, dan dihiasi dengan sosis, keju, paprika, mayonaise, dan sebagainya. Dengan begitu, Pizza bisa dibuat varian rasa berdasarkan toping yang berbeda.

Strategi Operasional Bisnis Kuliner Pizza Contong


  • Temukan resep pembuatan roti sebagai kulit dari pizza yang rasanya enak dan empuk. Ada baiknya melakukan percobaan dengan menambahkan bahan-bahan lain yang dapat menambah cita rasa pada roti, agar memiliki rasa yang lebih enak dan unik dibandingkan kulit Pizza pada umumnya. Misalkan dengan menambah susu, atau ketela madu, kentang, maupun bahan lainnya.
  • Lakukan percobaan dalam membuat pizza dengan aneka toping yang berbeda. Ini untuk menemukan beberasa varian rasa.
  • Design kemasan pizza sedemikian rupa agar dapat menarik minat konsumen.
  • Lakukan survey tempat, agar dapat menemukan tempat yang cocok untuk mendirikan usaha ini. Sebaiknya dekat dengan keramaian, dan memiliki fasilitas yang lengkap.
  • Pikirkan cara mendapatkan modal yang memungkinkan Anda merealisasikan ide Anda.

Deskripsi Keuntungan Bisnis Kuliner Pizza Contong


  • Harga per porsi Rp 25.000,-
  • Asumsi target penjualan per hari 20 porsi
  • Prediksi pendapatan per hari adalah sebesar Rp 500.000,-
  • Prediksi pendapatan per bulan:
  • 30 x Rp 25.000,- x 20 = Rp 15.000.000,-

Asumsi target penjualan per hari adalah sebanyak 20 porsi, maka pendapatan yang diperoleh per bulan rata-rata adalah sebesar Rp 15.000.000,-.

Hambatan Dan Saran Bisnis Kuliner Pizza Contong


  • Berkaitan dengan produk. Kadang roti akan mengeras saat sudah dingin, oleh karenanya ciptakan resep agar rasa tetap empuk meski dalam keadaan dingin sekalipun.
  • Rasa kurang legit. Ini kemungkinan berkaitan dengan kulit Pizza. Usahakan kulit Pizza memiliki rasa yang enak, khas, dan unik, agar mampu bersaing dengan kondisi pasar.
  • Ciptakan banyak varian rasa agar konsumen lebih bebas memilih. Mengingat konsumen mayoritas adalah orang Indonesia, maka cobalah bereksperimen dengan bumbu Indonesia.
  • Selain Pizza, tawarkan aneka jenis minuman yang inovatif, agar konsumen merasa nyaman dalam menikmati hidangan di tempat Anda.
  • Lakukan promosi agar masyarakat lebih mengenal keberadaan produk Anda. Bila perlu buatlah event yang dapat mendatangkan pengunjung ke tempat Anda.
  • Menyajikan hidangan dalam bentuk paket akan banyak menguntungkan. Karena, meski terkesan kita memberikan harga lebih murah daripada pembelian persatuan, namun tanpa disadari konsumen diharuskan membeli beberapa menu sekaligus.
LihatTutupKomentar