Peluang Usaha Kuliner Pecel Modern

Peluang Usaha Kuliner Pecel Modern, Salah satu usaha kuliner yang dapat menarik masyarakat adalah mengawali usaha dengan mengubah makanan tradisional
Peluang Usaha Kuliner Pecel Modern
Kuliner Pecel

Peluang Usaha Kuliner Pecel Modern - Salah satu usaha kuliner yang dapat menarik masyarakat adalah mengawali usaha dengan mengubah makanan tradisional menjadi modern. Konsep modern memberikan kesan mewah dan elegan. 

Sementara makanan tradisional asalnya adalah suatu makanan yang sudah dikenal rasanya sejak lama. Sehingga, perubahan konsep tersebut akan menimbulkan rasa penasaran bagi siapapun yang melihatnya.

Usaha kuliner dengan mengubah konsep dari tradisional menjadi modern ini memiliki prospek yang cerah. Lihat saja pecel modern. Seorang pengusaha kuliner bernama Samurai menggagas makan pecel yang biasa menjadi berbeda. 

Ia sukses mengembangkan bisnis kuliner dengan menu pecel. Bahkan, sejak pembukaan usahanya telah berhasil membuka 13 outlet di berbagai kota besar di Indonesia. Nampaknya, memberikan warna tampilan yang berbeda dari menu makanan yang dijual umumnya memberikan daya tarik tersendiri.

Mengacu pasca kesuksesan pecel modern, kitapun bisa memulai usaha yang serupa. Bukan hanya terpaku pada pecel, jenis makanan lainnya pun bisa dibuat dengan konsep yang sama. Contohnya, nasi gudeg. Jika selama ini nasi gudeg disajikan dengan wadah daun pisang, kita bisa mengubahnya dengan sajian ala restoran berbintang. 

Tidak lagi berwadah daun pisang, namun dalam tempat hot plate yang menarik. Atau rujak cingur, kita bisa menyajikan rujak dalam mangkuk berkaki layakna gelas es krim.

Bisa juga berbisnis lontong sayur dengan penampilan yang modern.

Lontong tidak hanya disajikan bersama sayur, akan tetapi dilengkapi dengan potongan iga sapi bakar, kepiting goreng, gurami crispi, atau jenis ikan yang lainnya. Emilihan tempat tidak hanya sebuah warung sederhana di pinggir jalan, akan tetapi di buat bangunan mewah di tempat yang strategis. Memiliarea parkir yang cukup luas. 

Tempat duduk dengan interior yang modern dan nyaman. Penulis yakin pengunjung yang datang akan siap membayar mahal atas sajian istimewa tersebut.

Sama halnya lontong sayur, pecel jga dapat disajikan secara lebih menarik. Selain wadah yang langsung dinikmati, berbisnis pecel juga bisa di buat berbeda dalam pengemasan. Jika selama ini kemasan pecel hanya di bungkus dengan kertas minyak beralaskan daun pisang, mungkin bisa diganti dngan kemasan yang lain. 

Sayuran dalam wadah mangkuk sekali pakai, sedangkan sambal dikemas dalam kemasan sachet dengan gambar sablon yang menarik.

Strategi Operasional Bisnis Kuliner Pecel Modern


  • Buatlah resep sambal pecel dengan rasa yang enak, dan uji cobakan pada keluarga dan teman dekat. Jika mendapatkan respon yang positif, berati sambal buatan Anda telah memenuhi standar penjualan.
  • Buatlah perhitungan mengenai besar kecilnya usaha. Ini untuk menyesuaikan modal yang dibutuhkan. Bila perlu ajaklah mereka yang memiliki modal. Sehingga meski tidak memiliki modal, Anda tetap bisa memulai bisnis.
  • Lakukan survey tempat yang strategis, agar konsumen lebih mudah menjangkau tempat Anda.
  • Sebelum embukaan rumah makan, sebaiknya Anda membuat promosi untuk memperkenalkan keberadaan usaha Anda.

Deskripsi Keuntungan Bisnis Kuliner Pecel Modern


  • Harga per porsi Rp15.000
  • Asumsi target per hari 50 porsi

Prediksi pendapatan per hari:

  • 50 x Rp15.000 = Rp750.000

Prediksi pendapatan bulan pertama (25hari):

  • 25 x Rp750.000 = Rp18.750.000

Prediksi modal awal yang dibutuhkan sebesar Rp16.950. Sementara pendapatan rata-rata per bulan sebesar Rp18.750.000 berarti keuntungan rata-rata perbulan sebesar 1 hingga 2 juta. Prediksi ini belum termasuk keuntungan yang diperoleh dari minimum.

Hambatan Dan Saran Dalam Bisnis Pecel Modern


  • Mudah menyerah saat usaha tidak membuahkan hasil adalah salah satu hal yang harus dihindari. Karena hanya kesabaran dan ketekunan seseorang bisa menggapai kesuksesan.
  • Sepi di bulan pertama. Hal ini biasa terjadi pada awal pembukaan sebuah ujsaha. Besar kemungkinan konsumen belum mengetahui keberadaan rumah makan yang Anda dirikan. Oleh karenanya, lakukan promosi. Buatlah iklan berupa brosur, pamflet, atau spanduk yang mengarahkan keberadaan usaha Anda. Bila perlu buatlah event yang unik untuk menarik pengunjung.
  • Konsumen tidak datang lagi. Hal ini disebabkan mungkin rasa pada menu Anda mengalami perubahan. Oleh karenanya hal yang wajib dilakukan adalah menjaga agar rasa tidak berubah dari waktu ke waktu.
  • Pelanggan berpindah tempat. Adakalanya konsumen merasa bosan dengan menu yang monoton, oleh karenanya Anda harus selalu membuat sajian yang baru. Baik dalam hal pengemasan atau cara pengolahan.
LihatTutupKomentar