Bermain Catur Adalah Suatu Tantangan

Bermain Catur Adalah Tantangan, Secara otodidak, Catur Supardi mulai lihai bermain catur, meski sampai sekarang ia merasa ‘ada langit di atas langit’
Bermain Catur Adalah Suatu Tantangan

Bermain Catur Adalah Suatu Tantangan - Julukan Catur Supardi SPd, (bukan nama sebenarnya) Kesukaannya terhadap permainan catur muncul semenjak sekolah dasar. Waktu itu, Catur Supardi belum memahami benar cara memainkan bidak catur. Kemampuannya baru terasah ketika menginjak sekolah menengah pertama. Secara otodidak, Catur Supardi mulai lihai bermain catur, meski sampai sekarang ia merasa ‘ada langit di atas langit’

Kesukaan Bermain Catur


Catur Supardi merasa belum mahir bila menghadapi lawan dengan teknik yang belum ia kuasai. Namun, ini yang membuat Kucluk mencintai catur, karena catur menawarkan tantangan yang berbeda di setiap pionnya. 

Menurut Catur Supardi, ia penghobi segala sesuatu yang bersifat teka-teki. “Bermain catur kan juga termasuk teka-teki, termasuk bermain scrabble dan mengisi teka-teki silang. Saya sangat menyukai aktivitas yang mendorong rasa penasaran. Meski sudah bisa, rasa penasaran dan ingin terus bermain selalu muncul. Lagipula ini dapat menstimulus daya pikir otak”. ucap Catur Supardi yang tinggal di Sawomateng.

Kesukaannya terhadap catur semakin menjadi dengan mendirikan klub catur bersama Kepala SD NU Hasyim Ashari, Ali Yasin. Klub bernama ‘Pion 12’ tersebut resmi didirikan tahun 1991 lampau bersama Ali Yasin yang pada saat itu menjabat ketua Rukun Warga XII di Sawomateng. “Pion itu biasanya kan delapan, tapi karena didirikan di RW XII makanya nama klubnya pion 12. Dulu, klub catur jarang, beda dengan sekarang,” ujar Catur Supardi yang melepas jabatan ketua Pion 12 tahun lalu.

Bahkan, tahun 2000 silam, Pion 12 mengadakan acara besar-besaran bertajuk Menpora Cup dengan mendatangkan menteri Pemuda dan Olah Raga yang menjabat saat itu. Pertandingan olah raga tersebut menasional, namun sekarang berganti menjadi Walikota Cup. Sekarang, Walikota Cup menjadi program rutin Perkumpulan Catur Indonesia (Percasi) di Kota Jatim.

Catur Supardi memiliki segudang pengalaman bermain catur. Namun, ia memiliki satu pengalaman yang tidak dapat ia lupakan sampai sekarang. Meski ia kalah telak dari lawan bermainnya, Catur Supardi tetap mengaku puas. Pengalaman bukan pertandingan ini ia peroleh 6 tahun lalu ketika melawan Master Nasional (MN) Catur Giwang Panuroto. 

“Saya terheran-heran, karena dia mampu membaca apa yang akan saya lakukan. Saya memerlukan waktu 5 menit untuk berpikir, sedangkan dia cuma satu menit”. Tukas si Catur Supardi seusai mengajar.

Menurut Catur Supardi, kondisi percaturan di Kota Jatim dahulu dan sekarang berbeda. Tingkatan junior, mulai TK sampai perguruan tinggi, sangat sedikit. Padahal jumlah sekolah di Kota Jatim cukup banyak. Kemudian, si catur supardi yang saat itu sudah aktif di Percasi memutuskan masuk ke sekolah-sekolah menginformasikan kejuaraan daerah (Kejurda) khususnya bermain catur.

Percasi Persatuan Catur Seluruh Indonesia

Percasi Persatuan Catur Seluruh Indonesia


“Percasi menyeleksi peserta pra Kejurda ke sekolah-sekolah, hingga menjaring 54 peserta. Sejumlah 54 peserta tadi disaring untuk dikirim mengikuti Kejurda tingkat propinsi yang bertempat di Kediri”. Paparnya. Diawali pada tahun 2002 yang memeroleh 54 peserta, di tahun-tahun berikutnya Percasi mampu menjaring ratusan peserta pra Kejurda.

Hingga tahun 2007 lalu, 600 peserta mengikuti seleksi pra Kejurda. “Kalau dulu saya mendatangi satu tempat ke tempat lainnya, sekarang ini malah banyak orang yang menelepon menanyakan pelaksanaan Kejurda. Tidak repot kayak dulu, mungkin karena sudah dikenal dan mereka hafal”. ucapnya. Bahkan, tahun ini catur supardi menargetkan ada 800 peserta yang mengikuti seleksi dari Percasi.

Keaktifannya di Percasi, menjadi pintu masuk Catur Supardi mengamati perkembangan catur di Kota Jatim. Sekitar tahun 2000, ia mengamati peserta junior kebanyakan berasal dari satu sekolah saja, yakni SMA Santo Yusuf. Lantas, ia mengambil jalan mendirikan ekstrakurikuler di tempat ia mengajar. Langkah ini pun diikuti beberapa SMP di kota Jatim. Hingga sekarang, Si Catur Supardi menyandang sebagai pembina ekstrakurikuler catur.

Catur Supardi menyarankan, bagi siswa yang menyukai permainan catur dapat mengikuti ekstrakulikuler. “Terlebih dahulu, mereka harus menyukai catur. Setelah itu baru meningkatkan kemampuannya, bisa mengikuti ekskul maupun ikut sekolah catur yang sudah tersebar di Kota Jatim ini”. ujar Catur Supardi yang pernah menjuari Pekan Olah Raga (POR) Guru 2006 lalu secara beregu.

Profesi guru fisika yang disandang Catur Supardi tidak menghalangi hobinya bermain catur. Malah, ia menemukan korelasi antara fisika dan catur. “Sama-sama memiliki permasalahan yang harus diselesaikan dengan unsur rumus”. katanya. Namun, adakalanya Catur Supardi merasa jengkel. 

“Terkadang saya kesal terhadap anak-anak yang diajari fisika maupun catur seringkali lupa, nilai ulangan jelek, dan pertandingan kalah,” keluhnya. Namun, ia memiliki falsafah bahwa mengajar itu harus dinikmati. “Meskipun berat, saya harus bisa menikmati,” imbuhnya.

Bagimanapun juga, Catur Supardi tidak dapat dipisahkan dengan catur, meski sesekali waktu ia tidak ingin bermain catur. “Saya bermain catur sesuai keinginan saja, kalau pas lagi tidak mood ya tidak akan bermain catur. Berbeda dengan atlit nasional yang memang mengukir prestasi, minimal sehari harus bermain catur selama 6-8 jam. Kalau saya kan hanya sekelas pertandingan tingkat POR Guru”. Pungkasnya sembari terkekeh. 

Semoga terhibur... :)
LihatTutupKomentar