Membangun Bisnis Sendiri itu Tak Mudah

Membangun Bisnis Sendiri itu Tak Mudah

Membangun Bisnis Sendiri itu Tak Mudah


Kalau pernah membaca kisah tentang para pengusaha sukses pasti kita jadi pengen seperti mereka. Menikmati kesuksesan menjadi keinginan kita semua, namun apakah jalan untuk meraih kesuksesan itu senikmat kesuksesan itu sendiri, ternyata tidak. 

Search keyword: cara memulai bisnis properti, cara memulai bisnis startup, memulai bisnis kuliner dari nol, cara membangun startup, cara membangun perusahaan sendiri, cara membangun jaringan bisnis, memulai startup, cara memulai startup, cara membuat startup digital, cara membangun bisnis kuliner, memulai bisnis startup, tips membangun bisnis, membangun usaha kecil, cara memulai startup digital, cara membangun bisnis startup, tips membangun startup, cara membangun sebuah usaha, membangun bisnis startup, cara membuat bisnis startup, cara membangun bisnis properti, cara membuat perusahaan startup, cara membangun bisnis yang baik, tips membangun usaha, 3 cara memulai usaha.

Banyak buku-buku yang dijual yang mengajarkan untuk menjadi pengusaha atau pebisnis sukses karangan para motivator atau pebisnis senior sepertinya mudah untuk mencapai apa yang mereka capai hanya dengan membaca bukunya. Belajar dari para motivator itu memang perlu namun belajar saja tidaklah cukup. 

Belajar dari orang sukses juga bukan jaminan kita akan lebih cepat meraih sukses seperti mereka. Dalam beberapa buku motivasi yang pernah saya baca seperti buku-buku karya Robert. T Kyosaki, Mario Teguh, Terry t Lee serta buku lain yang tidak bisa saya sebutkan, semuanya mengajarkan bagaimana caranya membangun bisnis milik kita sendiri. 

Untuk memulai membangun bisnis kita sendiri itu tidaklah mudah bahkan saat yang sulit jika kita ingin memiliki bisnis sendiri adalah ketika memulai atau merintis. 
Kita membutuhkan modal yang cukup, modal yang paling penting yang kita butuhkan adalah ilmu. Dengan memiliki pengetahuan yang cukup akan mempermudah kita dalam melangkah.

Tidak hanya dalam bisnis offline dalam bisnis online pun kita membutuhkan pengetahuan yang cukup supaya dapat sukses. Kita membutuhkan seorang mentor untuk membantu atau mengajarkan kita bagaimana cara menjalankan bisnis yang benar, cara menghadapi masalah yang akan timbul ketika kita sedang mulai menjalankan bisnis kita, cara mencari solusi atas masalah yang kita hadapi,serta bagaimana cara untuk memiliki mindset yang tepat untuk menjadi pebisnis sukses dll.

Berbisnis itu tidaklah semudah yang kita bayangkan, apalagi dalam bisnis internet. 
Kita mungkin sering menemui iklan-iklan yang ada di internet yang menawarkan bisnis dengan modal kecil dan bisa menghasilkan jutaan rupiah dalam waktu singkat bahkan dalam beberapa menit saja. 

Boleh saja anda tercengang dengan iklan-iklan tersebut tetapi jangan percaya begitu saja karena tidak ada kesuksesan yang dapat dicapai dengan instan. Lalu kalau mereka bilang bisa mendapatkan jutaan rupiah dalam waktu singkat, berarti mereka berbohong donk! 

Saya tidak mengatakan kalau mereka berbohong, tetapi saya tidak bisa begitu saja percaya kalau mereka bisa meraih itu semua hanya dalam waktu singkat. Bisa saja dalam hitungan menit kita mendapatkan income ratusan bahkan jutaan rupiah namun itu tidak mungkin dapat kita capai hanya dalam

waktu singkat, semua itu butuh proses dan butuh perjuangan. Pada dasarnya antara bisnis offline dan bisnis online tidak jauh berbeda. Untuk berhasil ada yang harus kita korbankan baik waktu, uang, pikiran, maupun tenaga yang harus kita keluarkan. Untuk berhasil dalam bisnis apapun kita tetap membutuhkan modal dan kerja keras.

Saya mulai mengenal bisnis internet bisnis internet awal tahun 2010, sebelumnya saya memang penasaran dengan bisnis internet. 

Saya sering mendengar tentang bisnis internet dari acara interview dari berbagai stasiun radio, katanya bisnis internet itu mudah dan praktis serta bisa berjalan secara otomatis kita tidak perlu memiliki barang sendiri untuk dijual bahkan kita bisa bisa menjualkan barang milik orang lain dan mendapatkan komisi. 

Dari situlah saya penasaran dan akhirnya mencari berbagai informasi tentang bisnis di internet. Saya membeli beberapa panduan cara berbisnis internet karena tekad saya ingin punya bisnis sendiri yang sudah kuat maka sedikit modal yang saya keluarkan saya pikir tidak menjadi masalah.

Saya mencoba berbagai panduan tesebut namun ternyata hasilnya tidak sesuai harapan saya, income yang saya dapatkan tidak sebesar harapan saya. Untung saja saya bukan tipe orang yang mudah menyerah dan langsung menjudge panduan yang telah saya beli adalah penipuan. 

Saya tidak mau menyebut mereka penipu karena saya melihat materi-materi yang mereka berikan memang benar-benar materi nyata bisnis internet. Saya coba evaluasi kembali mengapa saya masih belum mendapatkan apa yang menjadi harapan saya. 

Ternyata benar apa yang dikatakan para senior internet marketer bahwa kesalahan yang sering dilakukan para internet marketer pemula adalah terlalu banyak belajar berbagai macam bisnis internet,sehingga akhirnya tidak fokus. Karena penasaran maka semuanya dicoba dan akibatnya tidak ada satu pun yang menghasilkan.

Selain itu saya juga pernah membaca artikel di blog salah seorang internet marketer senior Indonesia, beliau termasuk salah satu dari sekian internet marketer sukses Indonesia yang telah bermain di pasar lokal dan juga internasional. Begini beliau mengatakan “orang yang serakah tidak akan pernah mendapatkan sepeserpun apa yang ia harapkan”

Sampai sekarang saya masih betul-betul ingat dengan kata-kata beliau, saya merenungi diri saya sendiri dan melakukan evaluasi pada diri saya sendiri apa sih sebenarnya kekurangan atau kesalahan yang saya lakukan sehingga saya belum bisa mendapatkan apa yang menjadi harapan saya.

Dari evaluasi yang saya lakukan akhirnya saya menyadari kalau selama ini saya terlalu ambisius ingin segera mendapatkan hasil besar dari bisnis internet. Berbagai jenis bisnis di internet saya pelajari, dan saya mudah berpindah dari satu jenis bisnis internet ke bisnis internet yang lain. 

Ketika sedang fokus pada satu bisnis internet beberapa lama menjalankannya namun hasil yang saya dapatkan tidak sesuai dengan harapan saya saya terlalu cepat mengambil kesimpulan bahwa jenis bisnis internet ini sulit sehingga kemudian saya mencari jenis bisnis lain yang saya annggap lebih mudah dan cepat menghasilkan. 

Namun tidak jauh berbeda dengan sebelumnya saya selalu saja berpindah-pindah dari satu jenis bisnis ke jenis bisnis yang lain dan akibatnya bukannya mendapat hasil yang besar ahkirnya malah saya tidak mendapat apa-apa.

Yach meskipun belum mendapatkan apa yang saya harapkan untung saja saya ini bukan orang yang cepat menyerah. Justru kegagalan yang saya alami sebagai seorang pemula untuk mendapatkan penghasilan dari internet membuat saya semakin penasaran dengan bisnis ini. 

Saya yakin suatu saat nanti bisa sukses dalam bisnis internet ini, kalau telah banyak orang lain yang telah membuktikan keberhasilannya seharusnya saya juga bisa, hanya saja untuk saat ini saya masih harus banyak belajar dan berlatih secara konsisten.
LihatTutupKomentar