Amalan Doa Mancing Dapat Ikan Banyak

Amalan Doa Mancing Dapat Ikan Banyak, Mancing sebagai bagian dari hobi dan mencari rezeki memang harus dimulai dengan niat yang baik. Tentu saja
Amalan Doa Mancing Dapat Ikan Banyak

Amalan Doa Mancing Dapat Ikan Banyak

Doa Sebelum Mancing


Bismillahirrahmannirrahiim.

“Allah-lah yang menundukkan lautan untukmu supaya kapal-kapal dapat berlayar padanya dengan seizin-Nya dan supaya kamu dapat mencari karunia -Nya dan mudah-mudahan kamu bersyukur”. QS 45 Al-Jatsiyah Ayat 12.

Segala sesuatu yang akan kita lakukan, seyogyanya dimulai dengan niat yang baik, yang benar dan tentu saja yang ikhlas. Sama saat kita hendak memulai aktivitas mancing. Mulailah dengan niat yang baik dan ikhlas.

Niat baik salah satunya bahwa kita mencari rezeki dari apa yang telah Allah ciptakan ikan-ikan di lautan, di sungai, di danau dan lain sebagainya. Bukan untuk menaklukkan ombak, apalagi mengaggap remeh ombak lautan. (Sepertinya tidak ada ya yang seperti itu hehehe).

Mancing, sebagai bagian dari hobi dan mencari rezeki memang harus dimulai dengan niat yang baik. Tentu saja akan lebih afdol diiringi amalan doa sebelum semuanya dimulai. Sebab, berusaha dan berdoa adalah dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Sebagaimana kita tahu, bahwa doa adalah senjata kita (manusia) paling ampuh.

Apapun yang kita lakukan, hakikatnya hanya usaha semata. Soal hasil, itu adalah hak preogratif Sang Pemilik Segalanya, yakni Allah SWT. Terlalu sombong jika kita menganggap bahwa apa yang kita hasilkan tidak ada campur tangan Dzat Yang Maha Pemilik.

Doa untuk nelayan agar dapat ikan banyak


Nah, bicara doa, apa sih amalan doa bagi pemancing agar diberikan hasil yang lumayan saat melakukan aktivitas mancing di laut? Dari berbagai sumber yang saya baca, ada beberapa artikel yang menulis tentang amalan doa untuk para pemancing dan nelayan agar saat mencari ikan diberikan rezeki yang lumayan.

Doa itu merupakan Kalam Illahi yang termaktub dalam Al-Qur’an Surat Al-Jatsiyah ayat 12. Al-Jatsiyah berarti yang berlutut. Surat ini terdiri dari 37 ayat dan termasuk surat ke 45 dalam Al-Qur’an. Surat Al-Jatsiyah ayat 12 berbunyi:

Doa Mancing

Saya melihat bahwa ayat di atas banyak digunakan atau disampaikan sebagai amalan doa untuk memancing atau mencari ikan. Menurut referensi yang ada, jika Anda berangkat memancing berdoalah terlebih dahulu. Lalu saat hendak memulai mancing, bacalah doa/ayat di atas dengan sungguh-sungguh dan dengan keyakinan penuh saat memasang umpan, kemudian tiuplah umpan itu usai berdoa dan lempar ke laut.

Nah anglers, mudah-mudahan artikel ini dapat membantu Anda pehobi mancing. Yakinlah, bahwa dengan usaha dan doa, semua akan terwujud. Anda boleh mencobanya, sayapun demikian. Tetapi jika ternyata hasilnya tidak seberapa, jangan salahkan ayatnya. Tetapi bermuhasabahlah (introspeksi diri). Sebab, doa yang terkabul ada tahapan-tahapannya.

Artikel ini hanya bagian dari ikhtiar kita, sebab segala sesuatunya harus kita serahkan kepada Yang Maha Kuasa. Tetaplah berusaha dan berdoa, sebab pasti ada jalan. Salam Fish On! pitutur
LihatTutupKomentar