Bagaimana Memulai Bisnis Agar Sukses

Inilah beberapa tips yang bisa menjadi panduan bagaimana memulai bisnis agar tujuan di atas bisa tercapai dalam waktu sesingkat mungkin.
Bagaimana Memulai Bisnis

Bagaimana Memulai Bisnis Agar Sukses

Sebagian dari kita bercita-cita untuk menjadi pengusaha sukses yang memiliki kebebasan waktu dan finansial sehingga bisa menghabiskan hari-harinya untuk mengerjakan hobby atau menemani orang-orang terdekat. Ini adalah buah manis yang bisa dipetik bila bisnis yang dirintis bisa berhasil, tetapi sayangnya banyak pengusaha yang bahkan harus gulung tikar di tahun pertamanya. Pada artikel ini tak akan dibahas tentang penyebab bangkrutnya para pengusaha pemula ini, tetapi tips terbaik bagaimana memulai bisnis agar sukses meraih tujuan Anda.

Bagaimana memulai bisnis untuk meraih kesuksesan


Inilah beberapa tips yang bisa menjadi panduan bagaimana memulai bisnis agar tujuan di atas bisa tercapai dalam waktu sesingkat mungkin.

bagaimana memulai bisnis

Realistis


Ide bisnis yang ingin Anda realisasikan mungkin jumlahnya segudang, tetapi cobalah lebih realistis dengan mengamati di sekitar Anda untuk menemukan contoh sukses dari jenis bisnis yang ingin Anda kembangkan tersebut. Bila tak menemukannya ini mungkin merupakan pertanda bahwa model bisnis impian Anda tersebut agak mustahil direalisasikan.

Investasi


Optimis memang perlu tetapi Anda juga tak boleh melupakan realita sehingga dalam memulai bisnis jangan mengandalkan investasi dari dana milik sendiri. Untuk mengantisipasi resiko sebaiknya Anda mencari mitra agar tak bangkrut kehabisan uang bila bisnis gagal, atau yang lebih buruk lagi dikejar hutang yang menumpuk.

Bekerja keras


Inilah resep yang selalu berlaku pada resep bagaimana memulai bisnis jenis apa saja. Untuk memulai bisnis Anda harus siap bekerja keras, kurang istirahat, tidak memperoleh gaji di awal pengembangan usaha, bahkan mempertaruhkan kesehatan. Ini karena di awal merintis bisnis Anda adalah bos sekaligus karyawan yang harus bersedia memperbudak diri sendiri.

Menghargai waktu


Walaupun Anda akan memperbudak diri sendiri pada awal memulai bisnis, tetapi tenaga Anda harus tetap mempunyai nilai ekonomi. Jadi berilah nilai uang pada waktu yang Anda habiskan sebagai motivasi bahwa tenaga yang Anda keluarkan tak sia-sia.

Merekrut karyawan


Seiring berjalannya waktu mau tak mau Anda harus merekrut karyawan untuk meningkatkan produktifitas. Lakukan dengan hati-hati dan yang paling penting adalah jangan sampai karyawan yang Anda rekrut justru menghalangi Anda untuk meraih tujuan merintis usaha.

Menjual kelebihan produk


Jangan berusaha memenangkan persaingan bisnis dengan menjual produk berharga pas-pasan atau yang lebih buruk hingga di bawah modal. Lebih penting untuk mengupayakan komunikasi dengan konsumen bahwa harga produk Anda memang lebih tinggi karena mempunyai kelebihan di sisi A, B, C.

Angka dasar


Untuk mengetahui pendapatan minimal yang harus diperoleh setiap hari Anda harus mengetahui berapa nilai yang Anda perlukan untuk menyewa tempat, membayar listri, gaji pegawai, hingga kebutuhan untuk administrasi kantor. Jumlahkan semuanya dan bagi dengan jadwal buka atau hari dalam setahun Anda membuka bisnis Anda. Itulah yang disebut angka dasar.

Teknologi terbaru


Di jaman sekarang ini Anda akan sangat terbantu dengan teknologi canggih dan untuk mengembangkan usaha Anda manfaatkanlah teknologi paling baru seperti misalnya untuk penyimpanan data, aplikasi, promosi, transaksi bisnis, dan sejenisnya. Mengurus bisnis dengan bantuan teknologi canggih akan membuat usaha Anda bisa bersaing dengan pengusaha-pengusaha kelas kakap.

Pelayanan


Tips berikutnya bagaimana memulai bisnis adalah dengan memperlakukan pelanggan, vendor, serta suplier sebaik mungkin. Hubungan baik akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, misalnya, diskon sesuai kuantitas order Anda, atau pemakluman bila terjadi keterlambatan dalam pembayaran.

Baca juga :


Nah, semoga sukses dalam merintis usaha Anda!
LihatTutupKomentar