8 Cara Pemimpin Untuk Mendapat Respect Dari Orang Lain

Bagaimana mendapatkan rasa hormat dan respect dari orang lain? Ketika banyak orang berusaha keras mendapatkan respect dari orang lain, saya mencoba memberikan beberapa poin mengenai mendapatkan respect dari orang lain. Sumber artikel dari buku tokoh kepemimpinan yang saya kagumi John C Maxwell dan tentunya saya tambahkan dengan tulisan khas saya. 

8 Cara Pemimpin Untuk Mendapat Respect Dari Orang Lain

1. Kemampuan memimpin


Ada orang yang dilahirkan dengan kemampuan memimpin alamiah. Apabila Anda tidak lahir dengan talenta memimpin, jangan berkecil hati. Kabar baiknya, kepemimpinan dapat dipelajari. Mempelajari kepemimpinan tidak sama dengan ilmu pasti seperti matematika karena kepemimpinan selalu berhubungan dengan karakter manusia yang beraneka ragam. Anda tidak bisa mempelajari kepemimpinan dalam waktu singkat. 

Namun bila Anda berkomitmen untuk mempelajarinya, suatu hari nanti Anda akan bangun dengan kepemimpinan yang jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya. Kepemimpinan seperti intan yang harus dipoles setiap hari, jadi Anda mempelajarinya selama Anda bernafas. Sementara Anda memikirkan cara mempelajari kemampuan memimpin, saya sarankan Anda untuk membaca blog ini lebih lanjut. Anda dapat pula membaca buku dan mengikuti training. 

2. Rasa Hormat pada orang lain


Apakah Anda pernah mendengar fenomena "cermin"? Orang akan memperlakukan Anda sesuai dengan apa yang Anda perlakukan terhadap orang tersebut. Pernahkah Anda tersenyum pada seseorang, dan orang tersebut membalas senyuman Anda? terlepas apakah Anda kenal atau tidak. Sesederhana itulah fenomena cermin. Berikan rasa hormat pada orang lain tanpa memandang latar belakangnya, dan Anda pun akan mendapatkan hormat serupa dengan hormat yang Anda berikan pada orang tersebut.

3. Keberanian


Tidak ada pemimpin yang lemah dan penakut. Sebagai pemimpin Anda harus berani mengambil tanggung jawab dan menanggung resiko. Anda harus berani membawa kelompok Anda naik ke level-level yang lebih tinggi. Anda harus berani menghadapi tantangan dan memberikan solusi terhadap tantangan tersebut. Hanya pemalas yang akan menjadi pengikut. Dan kalaupun ia menjadi pengikut, ia akan menjadi pengikut memberikan beban.

4. Keberhasilan


Orang cenderung melihat prestasi seorang pemimpin melalui keberhasilan dan kesuksesan yang diraihnya. Tidak hanya proses, hasil juga penting. Apabila Anda belum mendapatkan hasil yang maksimal, berarti ada yang salah dengan proses Anda.

5. Loyalitas


Seorang pemimpin memberikan teladan kepada para pengikutnya dengan setia terhadap pemimpin diatasnya sendiri.

6. Teguh pada prinsip


Seorang pemimpin yang plin-plan akan mudah dimanfaatkan oleh orang lain bahkan oleh para pengikutnya sendiri. Pemimpin yang demikian akan ditinggalkan oleh para pengikutnya. Pemimpin yang plin-plan memmpunyai kesulitan dlaam mengambil keputusan dan cenderung mendengarkan mentah-mentah apa yang orang lain sarankan. HAl tersebut akan membawa ketidakberuntungan dalam kepemimpinannya.

7. Berkomitmen


Pemimpin yang baik akan berkomitmen pada tujuan-tujuan yang telah ditetapkannya sendiri. Pemimpin yang berkomitmen

8. Memberi nilai tambah untuk orang lain


Setiap pengikut pasti memiliki keistimewaan dan talenta sendiri-sendiri. Pemimpin yang baik dapat memunculkan dan memoles keistimewaan setiap pengikutnya. Pemimpin yang baik dapat melihat, memunculkan, dan memoles potensi yang dapat diberikan seseorang untuk pertumbuhan tim.

Intinya adalah rasa hormat dan respect yang diberikan orang lain pada Anda tidak dapat dibeli dengan uang. Itu adalah pemberian sukarela yang diberikan orang lain pada Anda. Jadi ketika Anda telah mendapatkannya, jangan kecewakan orang yang telah memberikan respect pada diri Anda. 

Itulah 8 Cara pemimpin untuk mendapat respect dari orang lain. Semoga bermanfaat...

Baca juga : 

LihatTutupKomentar