Cara Belajar Yang Efektif Untuk Siswa SMP

Cara Belajar Efektif Untuk Siswa SMP

Cara Belajar Yang Efektif Untuk Siswa SMP, SD maupun SMA - Belajar merupakan hak suatu kewajiban bagi pelajar. Agar paham materi pelajaran, para siswa harus belajar. Belajar juga merupakan suatu usaha agar mendapatkan nilai ulangan yang baik. Namun, tidak semua cara belajar bisa efektif untuk memahami materi pelajaran. Oleh karena itu, keefektifan dalam belajar adalah hal yang penting. 

Berikut ini adalah cara belajar efektif untuk siswa. Tips ini untuk semua siswa, baik SD, SMP, maupun SMA.


1. Pahami apa yang dipelajari, bukan hanya dibaca


Supaya efektif dalam dalam belajar, harusnya belajar bukan cuma membaca saja, tetapi juga perlu pemahaman. Hal ini karena dengan menghafal belum tentu memahami. Dengan kata lain, materi yang telah hafal belum tentu paham, hanya sekedar hafal saja. Tetapi, berbeda jika paham dengan materi pelajaran tertentu. Dengan memahami materi pelajaran, maka menghafal pun jadi lebih mudah.

2. Membuat rangkuman pelajaran


Rangkuman pelajaran merupakan uraian singkat mengenai mata pelajaran tertentu yang dapat bermanfaat untuk mempermudah kegiatan belajar. Dengan membaca rangkuman yang langsung ke inti materi, maka kita tidak perlu lebih banyak waktu daripada membaca materi yang penjelasannya panjang lebar. Namun, bukan berarti materi yang panjang lebar itu tidak penting.

3. Memperbanyak berlatih soal


Jika mata pelajaran yang dipelajari adalah matematika, maka tak cukup dengan memahami rumus saja, apalagi cuma menghafal rumus. Diperlukan latihan soal agar terbiasa mengerjakan soal. Percuma saja kalau hafal rumus, tapi tidak bisa mengaplikasikannya ketika mengerjakan soal.

4. Belajar saat kondisi tubuh fit


Kondisi tubuh yang kurang fit bisa menyulitkan konsentrasi belajar. Untuk itu, jangan terlalu memaksakan diri saat kondisi tubuh kurang fit. Bila pada malam hari berniat untuk belajar, namun kondisi tubuh kurang fit seperti kelelahan, hal tersebut bisa disiasati dengan tidur tidak terlalu malam agar bisa bangun sebelum Subuh untuk belajar.

5. Hindari belajar dengan SKS


Sistem kebut semalam atau SKS merupakan kegiatan belajar untuk mempelajari banyak materi pelajaran hanya dalam waktu satu malam saja. Tentu saja cara ini bukanlah cara yang efektif untuk belajar. Kegiatan belajar yang dilakukan secara rutin saja memungkinkan timbulnya kesulitan, apalagi kegiatan belajar yang dilakukan dengan sistem SKS.

6. Pilih tempat belajar yang nyaman


Pemilihan tempat belajar juga perlu diperhatikan. Pilih tempat yang nyaman dan tenang agar belajar lebih konsentrasi. Usahakan untuk tidak belajar di tempat yang terlalu redup. Hal ini karena belajar di tempat dengan cahaya yang terlalu redup bisa membuat mata cepat lelah. 

Itulah cara belajar efektif untuk siswa Smp, SMA maupun Sd. Selain itu, ada hal lain yang juga penting untuk dilakukan, yaitu berdo’a...

Cara Belajar Efektif Untuk Siswa SMP

Cara Belajar untuk Memahami Materi Pelajaran 


Bagi pelajar, memahami materi pelajaran sekolah merupakan hal yang penting. Selain agar bisa mendapatkan nilai yang baik tanpa menyontek, memahami materi pelajaran juga bisa berguna agar pelajar mendapatkan ilmu dari apa yang dipelajari.

1. Membaca


Tips pertama merupakan tips yang paling umum. Agar lebih banyak mengingat materi pelajaran, jika membaca sekali saja belum cukup, maka baca berulang-ulang agar ingat materi yang dipelajari. Dengan membaca secara berulang, secara tidak langsung kita juga bisa hafal dengan materi pelajaran yang dipelajari.

2. Memahami


Tak cukup hanya membaca saja, memahami juga diperlukan. Dengan memahami, kita bisa tahu apa maksud dari materi pelajaran yang kita pelajari, berbeda kalau kita hanya sekadar menghafal yang belum tentu tahu maksudnya. Jadi, membaca penting, memahami juga penting.

3. Memperbanyak berlatih soal


Jika materi pelajaran yang dibaca adalah materi yang mengadung hitung-hitungan, maka tidak cukup kalau hanya sekedar membaca saja tidak cukup. Harus memperbanyak berlatih soal.

4. Belajar kelompok


Belajar kelompok bisa diterapkan agar kita bisa diskusi bersama dengan teman-teman untuk membahas soal yang susah. Dengan belajar kelompok, kita bisa bertanya secara langsung pada teman yang bisa.

5. Tanya jika ada kesulitan


Tanyakan kepada guru jika ada materi pelajaran yang dirasa sulit. Jika belum paham tapi malah diam saja, maka hal itu bisa menyusahkan.

Itulah sejumlah cara belajar untuk memahami materi pelajaran. Selain tips tersebut, ada hal yang juga penting dilakukan, yaitu berdo’a. 

Cara Belajar Efektif Untuk Siswa SMP

Berikut ini adalah tips belajar efektif persiapan ujian nasional


Menjelang UN, banyak siswa yang sibuk belajar demi mendapatkan nilai UN yang maksimal. Memang benar bahwa belajar untuk menghadapi UN yang efektif adalah jauh-jauh hari sebelum UN diadakan, bukannya belajar dengan SKS (Sistem Kebut Semalam). 

1. Buat jadwal


Buat jadwal untuk kegiatan sehari-hari termasuk lamanya waktu tiap-tiap aktivitas. Dari mulai bangun tidur, belajar, istirahat, makan, sampai tidur malam.

2. Catat kembali


Mencatat kembali tulisan Anda merupakan salah satu cara belajar yang efektif, terutama untuk Anda yang termasuk pembelajar kinestetik. Mencatat pelajaran bukan berarti mencatat semua yang ada di buku, cukup dengan membuat ringkasan. Mind mapping merupakan salah satu cara efektif untuk belajar. 

Karena, saat Anda kembali menulis tentang sesuatu, Anda akan berpikir seputar apa yang Anda tulis. Dengan menulis kembali, memori Anda disegarkan dengan apa yang Anda tulis. Cara ini efektif untuk menghafal rumus-rumus yang susah, misalnya pada mata pelajaran matematika.

3. Temukan jam belajar yang tepat


Hindari belajar saat kondisi fisik lelah. Alangkah lebih baik bila belajar selama 2 jam dalam sehari daripada belajar dengan sistem kebut semalam, yaitu belajar semua materi ujian hingga tengah malam. Hal ini karena belajar dengan sistem SKS tidak membuat Anda mengingat banyak hal, kecuali Anda adalah manusia luar biasa yang bisa mengingat semua materi selama sekolah dalam waktu semalam.

4. Mapel yang dipelajari


Cara belajar dipengaruhi oleh mata pelajaran yang hendak dipelajari. Untuk mata pelajaran yang bersifat teori, Anda mungkin cukup membaca, memahami maupun menghafal. Tetapi, untuk mata pelajaran yang mengandung unsur hitungan, Anda perlu mengerjakan soal-soal sehingga bisa membantu membuka pikiran Anda bila soal yang serupa keluar dalam ujian nasional.

5. Lingkungan


Lingkungan tempat belajar juga dapat berpengaruh pada keefektifan belajar. Ada yang nyaman belajar sambil makan, ada pula yang nyaman belajar sambil ditemani musik favorit, dan sebagainya.

Kebersihan lingkungan sekitar tempat belajar bisa berpengaruh terhadap keefektifan belajar. Oleh karena itu, singkirkan benda-benda yang bisa mengalihkan perhatian kita selama kegiatan belajar.

6. Istirahat sejenak


Saat belajar, Anda tetap membutuhkan relaksasi. Oleh karena itu, ambil jeda waktu sejenak untuk mengistirahatkan pikiran dan tubuh Anda. Tetapi, jangan sampai terbuai dengan waktu istirahat yang terlalu lama sampai lupa melanjutkan tujuan utama Anda, yaitu belajar.

7. Televisi


Televisi adalah gangguan ketika kita akan belajar. Oleh karena itu, jauhkan diri Anda dari televisi maupun jenis godaan hiburan lainnya yang bisa mengganggu konsentrasi Anda dalam belajar.

8. Pencahayaan yang tepat


Belajar di dalam ruangan dengan pencahayaan yang redup dapat membuat mata tegang sehingga mengurangi kosnetrasi belajar. Oleh karena itu, usahakan belajar di ruangan dengan pencahayaan yang cerah.

9. Buat rencana


Buat rencana sebelum Anda memulai untuk belajar. Hal ini bermaksud untuk memudahkan Anda dalam menyelesaikan materi-materi yang lebih mduah terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke materi yang lebih susah. Dengan begitu, Anda bisa menghabiskan waktu yang berkualitas pada materi yang sulit.

10. Baca ulang


Saat Anda telah selesai mempelajari satu halaman catatan Anda, baca ulang atas apa yang sudah Anda baca sebelum melanjutkan ke halaman berikutnya. Tanyakan kepada diri Anda tentang pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang dibahas pada halaman tersebut.

11. Minta bantuan


Saat menemui materi pelajaran yang dirasa sulit dipahami, tanyakan kepada yang lebih paham, misalnya teman, kakak, maupun guru.

12. Jelang ujian


Menjelang ujian tiba, baca sekilas catatan Anda untuk menyegarkan pengetahuan yang sudah tersimpan dalam otak Anda.

Itulah sejumlah tips belajar efektif untuk perisapan UN (Ujian Nasinal).

Saat hari ujian, baca sekilas catatan Anda untuk menyegarkan informasi yang telah tersimpan dalam memori otak Anda. 

referensi: okezone.com (09/03/2013) 

LihatTutupKomentar