Pemanfaatan Sumber Belajar dan Media Interaktif Pembelajaran

Pemanfaatan Sumber Belajar dan Media Interaktif untuk Pembelajaran

Pemanfaatan Sumber Belajar dan Media Interaktif untuk Pembelajaran - Interaksi antara siswa dan guru selama kegiatan pembelajaran perlu dilakukan dengan intens. Hadirnya sumber belajar dan media belajar adalah untuk meningkatkan intensitas komunikasi tersebut. Karena itu pertimbangan untuk menerapkannya perlu dilakukan dengan cermat agar sesuai dengan tujuan pembelajaran. 

Sumber belajar adalah sumber data atau informasi untuk dipelajari. Sedangkan media pembelajaran adalah alat yang menjadi perantara penyampaian informasi kepada siswa. Dengan berkembangnya teknologi informatika perbedaan antar kmenjadi tipis. Oleh karena itu sering muncul istilah multi media, artinya media yang berfungsi ganda.

Sumber belajar


Ada tiga sumber belajar yang tidak bisa terlepas dari kegiatan belajar yaitu guru, buku dan internet. Guru merupakan sumber belajar yang sangat penting. Selain kita mengenal guru yang mengajar siswa secara umum, kita juga mengenal guru tamu yaitu tenaga ahli yang didatangkan untuk menyampaikan informasi kepada siswa karena keahliannya. Contohnya polisi, jaksa, dokter, pengacara, pelaku sejarah dan sebagainya.

Sumber belajar yang penting berikutnya adalah buku. Dalam konteks pembelajaran yang perlu dikenali adalah adanya buku wajib dan buku pengayaan. Buku wajib merupakan buku utama yang menjadi acuan dalam kegiatan belajar. Sedangkan buku pengayaan merupakan buku pelengkap yang umumnya terdapat di perpustakaan.

Sumber belajar yang paling luas penggunaan pada masa sekarang adalah internet. Dalam kaitan dengan sumber belajar internet memiliki kemampuan menyediakan informasi yang cepat dan lengkap meskipun tidak semua informasinya dapat dipertanggungjawabkan. Karena itu diperlukan kemampuan guru untuk mengelola sumber belajar yang bersumber dari internet agar bermanfaat bagi siswa.

Media pelajaran


Secara harfiah media berarti perantara. Media pembelajaran adalah alat yang dapat menyimpan dan menyampaikan pesan untuk mempermudah informasi sampai kepada siswa. Jenis media bisa berupa audio, visual, audio visual.

Media pelajaran audio digunakan karena unsur suaranya, unsur yang bisa didengar. Alatnya bisa berupa kaset, compack dist disertai dengan perlengkapan pemutarnya. Radio juga dapat digunakan untuk media audio. Media audio biasanya untuk menunjang pembelajaran kebahasaan.

Media pelajaran visual digunakan karena unsur peragaannya, unsur yang bisa dilihat. Bentuk media visual yang paling sederhana adalah bagan, chart, tabel dan sejenisnya yang ditampilkan dalam pembelajaran. Bentuk media visual yang lebih kompleks bisa berupa pengamatan model, demonstrasi alat dan pengamatan cara kerja suatu perkakas. Benda-benda langsung dapat juga dijadikan sebagai media pembelajaran visual seperti tanaman, buah-buahan, hewan, tanah liat juga batuan.

Media audio visual digunakan karena ada unsur suara dan peragaannya, unsur didengar dan dilihat. Media ini memiliki kemampuan untuk menyalin keadaan nyata dalam bentuk tayangan. Media audio visual atau juga disebut multimedia dapat dikemas dalam bentuk film yang tersimpan pada hardisk dan compack disk. Televisi dan multimedia sejenis yang dimuat di internet merupakan contoh-contoh media audio visual yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran.

Prinsip penggunaan sumber dan media belajar 


Untuk menerapkan penggunaan sumber dan media belajar perlu dipertimbangkan dari berbagai sudut pandang. Prinsip yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan untuk penggunaan sumber dan media belajar adalah:

1. Sesuaikan dengan tujuan belajar


Tujuan belajar merupakan pertimbangan utama dalam menerapkan penggunaan sumber dan media belajar. Jangan memaksakan penggunaan sumber dan media belajar tertentu jika tidak sesuai dengan tujuan belajar.

2. Untuk memacu dinamika siswa untuk belajar


Penggunaan sumber dan media belajar adalah agar siswa lebih antusias, lebih fun, lebih tertantang untuk melakukan belajar.

3. Dapat menghasilkan pengalaman belajar yang lebih bermakna


Penggunaan sumber dan media belajar ditujukan pula agar siswa mengalami kegiatan belajar yang berkesan mendalam. Karena itu pilihan penggunaan sumber dan media belajar perlu diambil dari hal yang terdekat dengan pengalaman siswa.

4. Agar kegiatan belajar lebih efisien


Sumber dan media belajar yang digunakan juga perlu mempertimbangkan hematnya biaya dan waktu berkegiatan

Penggunaan sumber dan media pembelajaran yang dirancang dengan baik akan menghasilkan kualitas pembelajan yang baik. Karena itu menerapkan dengan cermat setiap sumber dan media belajar perlu selalu ditingkatkan sesaui dengan kebutuhan siswa yang makin dinamis sesuai perkembangan jaman. 

Baca juga : 

LihatTutupKomentar