Tips Mencari Spot Mancing di Sungai

Anda suka mancing di sungai, berikut beberapa tips cara untuk mengetahui spot mancing yang banyak ikannya atau menjadi tempat ikan berkumpul.
Tips Mencari Spot Mancing di Sungai

Tips Cara Mencari Spot Mancing di Sungai yang Banyak Ikannya. Lokasi Spot Mancing Pinggiran di Berok, Anyer.

Anda suka mancing di sungai, berikut beberapa tips untuk mengetahui spot mancing yang banyak ikannya atau menjadi tempat ikan berkumpul. Mancing tanpa mengetahui karakter spot yang akan kita coba, rasanya hanya akan membawa apes saja. Karenanya, mempelajari spot mancing adalah salah satu yang perlu Anda lakukan.

Di sungai, ada banyak jenis ikan yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari lele, gabus, belida, hampala, baung, tawes, mas, dan jenis ikan predator air tawar lainnya. Tentu ada kenikmatan tersendiri mancing di sungai, terlebih Anda mengetahui karakter spot mancing di sungai.

Sebagai bagian dari cara berbagi, berikut adalah beberapa tempat yang biasanya menjadi tempat ikan berkumpul di sungai. Tips ini saya rangkum dari berbagai sumber, jadi tidak semata-mata pengalaman saya sendiri. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Berikut ini adalah 10 tips cara mencari spot mancing di sungai


Tips Mencari Spot Mancing di Sungai

1. Cari Tempat Paling Dalam dengan Arus Pelan


Anda harus mengetahui bahwa ikan sangat senang berada di tempat yang paling dalam di suatu lokasi.

Jika lokasi mancing Anda di sungai, maka posisi ikan akan berada di sebuah lubuk dengan kondisi air yang relatif lebih lambat kondisi arusnya tetapi tempatnya paling dalam di antara titik lain dibanding tempat lainnya.

2. Belokan Sungai


Jika Anda hendak mancing di sungai, maka carilah belokan sungai dengan arus relative lebih pelan dibandingkan dengan titik lainnya.

Di aliran sungai yang tidak begitu deras arusnya, ikan akan mengincar apa saja yang lewat dan dianggap sebagai makanannya.

Tips Mencari Spot Mancing di Sungai

3. Pusaran Air


Aliran air sungai yang mengalir dari tempat yang dangkal ke tempat yang dalam menyebabkan air sungai berputar membentuk pusaran. Pusaran itu kemudian membentuk lubang yang dalam atau biasa disebut palung.

Air sungai yang membawa berbagai material termasuk makanan ikan akan masuk ke palung tersebut. Karenanya, tempat itu sangat potensial menjadi tempat ikan berkumpul karena banyak makanan.

Dan Anda bisa menempatkan umpan pancing Anda di sekitar pusaran, sampai kemudian dating ikan menyambar. Biarkan umpan mengapung di permukaan air, sebab hal itu dapat menarik minat ikan untuk menyantapnya.

4. Pepohonan


Jika Anda ingin mendapatkan ikan yang lebih banyak, selain dua titik di awal tadi, maka pilihlah belokan sungai yang di tepinya dipenuhi banyak pohonnya.

Pohon yang tumbuh di pinggiran sungai, membuat lokasi itu lebih teduh dari titik lainnya. Karenanya, itu bisa menjadi tempat ikan berkumpul dan betah berlama-lama di titik yang tidak langsung terkena cahaya terik matahari.

Di samping itu, akar pepohonan yang tumbuh di tepi sungai membuat apapun yang terhanyut di sungai tersangkut, tak terkecuali makanan ikan (plankton).

Tips Mencari Spot Mancing di Sungai

5. Tiang-tiang Pancang


Biasanya, di sungai akan melintang jembatan. Nah, tiang-tiang jembatan yang biasanya beton berukuran besar, bisa menjadi salah satu titik yang potensial menjadi tempat ikan berkumpul. Tiang-tiang pancang itu lama kelamaan menjadi tempat ikan bersemayam. Sambil sesekali mereka menyambar apa saja yang melintas di area kekuasaan mereka.

Terlebih tiang jembatan itu berada di hilir sungai (muara). Maka jelas titik itu menjadi tempat yang paling pas untuk ikan berkembang biak. Di muara (pertemuan air tawar dan air laut), ada banyak jenis ikan. Terkadang ikan dari laut pun bermigrasi ke muara, ikan kakap putih (Barramundi) salah satunya. Ikan predator air tawar ini menjadi ikan favorit air payau, dan muara adalah habitatnya.

6. Pohon Tumbang


Jika ada pohon yang roboh di sekitar sungai, jangan anggap remeh hal itu. Sebab di sekitar pohon yang roboh itu, berkumpul ikan-ikan sungai. Mengapa demikian, sebab pohon yang roboh itu membuah arus sungai sedikit tertahan, sehingga tidak terlalu kencang. Karenanya, itu akan menjadi tempat paling baik untuk ikan di sungai.

Ikan akan bersembunyi di balik pohon yang arusnya tidak deras itu. Lalu sesekali mereka mengintai makanan yang dating. Jika Anda penasaran, silahkan jajal titik seperti ini.

7. Di Balik Batu Besar


Prinsipnya sama dengan pohon tumbang. Air yang mengalir deras akan tertahan oleh batu besar itu, sehingga arus di balik batu tidak terlalu kuat. Di sanalah ikan bersemayam sambil menunggu makanan datang.

Tips Mencari Spot Mancing di Sungai

8. Rerumputan


Rumput yang tumbuh di pinggiran sungai, menjadi tempat ikan betina bertelur. Karenanya, jika Anda menemukan titik seperti ini, jangan lewatkan dan segeralah melempar umpan. Tunggu dan Fish On!

9. Tumpukan Ranting


Air sungai yang membawa ranting-ranting pohon juga menjadi titik mancing yang bisa Anda coba. Biasanya banyak ikan yang berlindung karena arus sungai tertahan sehingga tidak terlalu kuat.

10. Bebatuan Sungai


Sungai yang berbatu, merupakan salah satu tempat ikan-ikan kecil dan udang bermain. Keberadaan mereka jelas menarik ikan predator. Karenanya, memancing di titik ini juga cukup potensial untuk Anda mendapatkan ikan.

Baca juga: Cara Mencari Spot Mancing Ajib Di Laut

SALAM FISH ON!
LihatTutupKomentar