Tips Merawat Reel dan Joran

Tips merawat reel dan joran sebenarnya mudah dan gampang. Anda bisa melakukannya dengan hanya membutuhkan waktu dalam hitungan menit saja.
Tips Merawat Reel dan Joran

Assalamualaikuum.

Tips Merawat Reel dan Joran - Bagaimana kabar Anda Angler? Kali ini saya akan mejelaskan secara singkat cara merawat reel dan joran agar tidak mudah rusak. Semoga catatan pendek ini memberi manfaat untuk kita semua.

Para pemancing tentu sudah tahu banget dengan dua perangkat ini. Piranti ini sangat menentukan untuk kita melakukan aktivitas mancing, baik dengan teknik trolling, casting, jigging, atau teknik standar lainnya seperti dasaran dan lain sebagainya.

Saya yakin, satu pemancing punya lebih dari dua masing-masing piranti itu. Satu pemancing bahkan bisa punya tiga atau empat reel atau joran bahkan lebih.

Harganya tentu kita semua tahu itu. Yang termurah hingga yang termahal mungin sudah Anda miliki. Namun, semahal apapun piranti yang kita punya, tanpa perawatan yang baik tentu akan mudah rusak. Kuncinya ternyata bukan pada berapa harga piranti itu, tetapi seberapa baik kita merawatnya.

Tidak dirawat dengan baik, berapapun harga reel dan joran Anda, pasti akan cepat rusak dalam waktu singkat. Karenanya, rawatlah barang-barang itu agar tidak cepat rusak. Sayang, sudah dibeli dengan harga jutaan tapi rusak dalam sekejap.

Cara Mudah Tips Merawat Reel dan Joran

Cara Mudah Tips Merawat Reel dan Joran

Tips merawat reel dan joran sebenarnya mudah dan gampang. Anda bisa melakukannya dengan hanya membutuhkan waktu dalam hitungan menit saja.

Jadi, setelah Anda memancing di laut atau dimana pun, segeralah membersihkannya. Caranya dengan membasuh bagian reel dan joran dengan air tawar. Tetapi jangan direndam karena akan merusak bagian dalam reel terutama pada barring.

Cukup Anda basuh, dan kalau bisa membuka reel dan menyiram bagian dalamnya agar sisa air laut maupun pasir bisa hilang. Ketahuilah, air laut memiliki kadar garam rata-rata 3,5%. Artinya dalam 1 liter (1000 mL) air laut terdapat 35 gram garam. Karenanya, jika setelah menggunakan riil dan joran tidak langsung dibersihkan, maka sangat besar kemungkinan piranti Anda akan berkarat dan akhirnya rusak.

Air laut tidak mengenal barang yang Anda beli mahal atau murah. Yang pasti, tidak dirawat maka akan cepat rusak berapapun itu harganya.

Kalau Anda melihat joran Anda berkarat pada bagian ring guide-nya, itu jelas karena kandungan garam sisa air laut mengering di joran Anda. Pasti dalam waktu singkat akan patah dan rusak.

Setelah reel dan joran anda cuci, maka keringkanlah. Tetapi, jangan di bawah sinar matahari langsung. Keringkan di tempat yang sejuk. Jika Anda punya hair dryer, Anda bisa menggunakan itu untuk pengeringan.

Tips ini sudah saya lakukan sejak lama. Alhamdulillah reel dan joran relatif lama umurnya. Dulu, sebelum tahu cara merawat reel dan joran, piranti saya cepat rusak meski baru digunakan beberapa kali. Kali ini saya tidak mau piranti saya rusak hanya karena malas membersihkannya.

Sementara ini saja tips dari saya, semoga bermanfaat. Salam Fish On!
LihatTutupKomentar