Target Ikan dan Spot Casting

Target Ikan : Sebenarnya banyak sekali ikan yang bisa dipancing dengan teknik casting ini, yakni ikan-ikan yang termasuk predator, pemakan sesama ikan
Target Ikan dan Spot Casting

Target Ikan dan Spot Casting - Target Ikan: Sebenarnya banyak sekali ikan yang bisa dipancing dengan teknik casting ini, yakni ikan-ikan yang termasuk predator, pemakan sesama ikan, kalau di kolam, rawa, tambak atau danau target paling menyenangkan adalah ikan bawal, keluarga Snake head, catfish dan lain lain, kalau di sungai target favorit adalah ikan hampala / palung (jawa), Tapah, Lais tembiring, jelawat, mahser, kalau dari muara/dermaga target favorit adalah barakuda, Baramundi, cendro, GT ukuran kecil, krapu, Mangrove jack bahkan Blackbass

Setelah semuanya dirasa siap, tinggal pancinger cari lokasi memancing untuk mencoba aplikasi teknik casting ini, monggo silakan untuk lebih menyenangkannya bisa mencoba casting di kolam-kolam dulu terutama yang berisi bawal, ikan bawal ini sangat ganas menggasak umpan palsu yang kita gunakan karena saat ini sudah banayak pemancingan kolam yang menyediakan kolam untuk Casting. 

Tapi pada saat ini sudah mulai banyak bermunculan pengusaha pemancingan membuka empang Casting dengan konsep Catch and release seperti RCG (rawa kalong Casting Ground di pamulang, Pemancingan Saung Desa di Bekasi,Pemancingan KBM (kampung Batu Malaka) dibandung, monster Ponds di surabaya, dan masih akan terus bertambah lokasi lokasi mancing seperti ini mengingat jumlah pancinger aliran Casting ini terus meningkat.

Apabila anda ingin mencoba Casting di alam liar anda bisa mencari sendiri atau informasi dari rekan Pancinger untuk berbagi Spot mancing seperti hampala (palung) bisa mencari di sungai-sungai besar, Snake head di danau danau, rawa termasuk bekas galian pasir yang sudah mati. 

Tapi tentunya tinggi rendahnya Rate strike lebih berpengaruh pada teknik, naluri, piranti dan faktor peruntungan semua hal tersebut memiliki keterkaitan yang erat. Semakin sering melakukan trip casting maka akan semakin tinggi jam terbang dan tentunya akan membangun skill dan naluri Casting anda untuk dapat meningkatkan Rate strike dalam setiap Trip Casting. Selamat mencoba dan Happy Fishing, tetap utamakan keselamatan.

Teknik Casting

Mancing dengan Teknik Casting


Pancinger, para mancing mania, sahabat mancing ku semua, kali ini saya mau membahas mancing dengan teknik casting yang akan kami ulas secara berkesinambungan, agar menyambung baca setiap relative post agar bisa menyimpulkan tulisan ini.

Dalam artian secara harfiah, Casting adalah kata yang berasal dari bahasa inggris yaitu “cast” dan dapat di artikan melempar, dalam teknik memancing casting ini yang dominan di lakukan seorang pancinger adalah lemparan atau “cast” karena semakin banyak melempar akan semakin besar kemungkinan mendapatkan sambaran ikan, sebab teknik casting ini hanyalah untuk memancing ikan ikan predator saja baik di Freshwater (perairan tawar) maupun Salt water (air asin) jadilah teknik ini lebih dikenal dan familiar dengan sebutan casting.

Ikan predator biasanya sangat suka berada di tempat tempat yang tersembunyi seperti dibalik semak, di balik kayu/pohon tumbang, di balik tumbuhan air, di balik bebatuan dan banyak lagi area tersembunyi lainnya, tujuannya ialah agar ia lebih mudah dalam penyamarannya mencari dan menyergap mangsanya, oleh karenanya seorang Castinger harus mampu menembus titik tersebut dengan sempurna apabila ingin mendapatkan sensasi bertarung dengan ikan predator.

Teknik Skipping

Teknik Skipping Dalam Casting


Salah satu teknik melempar yang sangat di rekomendasikan dalam teknik casting ialah Skipping. Dengan metode skipping ini umpan yang di lempar oleh pancinger akan meluncur dari ujung joran secara horizontal dan tidak terbang parabolic seingga umpan yang jatuh di air tidak menimbulkan percikan yang terlalu besar sehingga membuat ikan takut.

Kelebihan dari teknik skipping ini juga ialah pancinger dapat melempar umpan menembus semak atau rerimbunan di sekitar permukaan air untuk langsung menuju lokasi predator bersembunyi menunggu mangsa, keunikan melempar dengan teknik ini ialah posisi Tiptop joran berada dibawah sejajar lutut pancinger dan bukan dari atas kepala pancinger seperti melempar dengan teknik biasa (uper head). Untuk bisa melakukan skipping seorang pancinger harus rajin berlatih dan menggunakan piranti yang tepat supaya lebih mudah dalam melakukannya.

Terakhir yang menjadi salah satu Faktor penting dalam Casting ialah pematangan teknik melempar dan meretrieve umpan sesuai dengan actionnya, karena dengan lemparan yang akurat, tepat dan action umpan yang alami saat di retrieve sangat berpengaruh dalam mengundang nafsu amarah dan lapar dari para predator. Pitutur

LihatTutupKomentar