Tips Memulai Memancing untuk Pemula

Tips Memulai Memancing untuk Pemula, Banyak yang ingin memancing tapi tidak yakin untuk mulai memancing karena tidak bisa dan tidak tahu. Itu alasan
Tips Memulai Memancing untuk Pemula

Tips Memulai Memancing untuk Pemula - Banyak yang ingin memancing tapi tidak yakin untuk mulai memancing karena tidak bisa dan tidak tahu. Itu alasan yang kerap saya dengar. Apa pun alasannya, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini jika Anda memang ingin belajar bagaimana untuk memulai memancing dan bisa menikmati tarikan ikan di laut lepas atau di danau atau bahkan di kolam pancing.

Sesungguhnya bagi Anda yang ingin mancing, cara memulainya sangat mudah. Berikut enam tips belajar memancing untuk pemula atau Anda yang ingin belajar memancing.

6 Tips Belajar Memancing Untuk Pemula


Tips Memulai Memancing untuk Pemula

1. Jika Anda tidak tahu bagaimana memulai memancing, hal yang paling penting untuk Anda diingat adalah lakukan dan berfikirlah hal yang sederhana. Jangan dulu behitung dengan kebutuhan piranti/alat pancing yang harus dibeli. Ibarat bayi, memancing bagi pemula sekali adalah proses belajar seumur hidup. Bayi tidak pernah berfikir bagaimana ganti popok atau mandi. Dia hanya melakukan apa yang menurut instingnya harus dilakukan. Begitulah, insting Anda harus bermain lebih dulu ketimbang dipusingkan oleh angka-angka untuk beli alat pancing.

Jangan malu, mulailah belajar mengikat simpul ke kail, atau bagaimana memasang umpan di kail. Dari sana saya yakin naluri Anda akan terbangun. Pengetahuan yang Anda miliki akan membawa Anda ke petualangan memancing yang dahsyat yang belum pernah Anda coba sebelumnya.

2. Carilah pemancing/angler yang dekat dengan rumah Anda (tetangga). Ajaklah dia untuk mengajari Anda di lokasi mancing terdekat. Sebaiknya datanglah ke tempat yang nyaman agar Anda tidak bosan atau kapok setelah belajar pertama kali. Misalnya lokasi mancing ada tempat berteduh atau dekat dengan warung, sehingga saat Anda butuh minum atau yang lainnya tidak terlalu sulit.

3.  Setelah Anda memiliki tempat memancing terdekat dan dirasa nyaman, langkah berikutnya adalah membeli peralatan memancing yang paling sederhana. Anda juga perlu tahu alat yang pas untuk mancing di laut atau di air tawar. Biasanya toko alat pancing menjelaskan apa dan dimana spot mancing dan target ikan yang Anda cari. Lalu mintalah referensi alat pancing yang paling sederhana dulu, jangan langsung melihat merk dan harga mahal. Sayang jika kemudian Anda tidak gunakan dikemudian hari.

4. Setelah itu, mulailah belajar mengidentifikasi spesies ikan yang ada di sekitar Anda. Pelajari juga cara mengidentifikasi spesies ikan di perairan yang akan dijajal sehingga Anda dapat membaca, memahami, dan mengikuti aturan memancing.

5. Untuk Joran dan reel pancing, belilah yang sederhana namun kuat. Anda bisa mendapatkan itu di toko-toko pancing yang mungkin banyak terdapat di sekitar Anda. Kalau tidak tahu, tanyalah ke tetangga Anda tadi. Sambil berbelanja, Anda bisa tanya ini dan itu, bahkan tanyalah jenis ikan dan spot mancing yang mudah dijangkau. Sebab umumnya, pemilik toko pancing adalaj juga pemancing. Dia punya banyak informasi tentang spot mancing dan jenis ikan yang ada.

Saya juga yakin, pemilik toko pancing akan dengan senang hati membantu Anda memilih joran dan reel yang pas untuk pemula. Dan saya yakin, akan ada banyak saran dan masukan dari si pemilik pancing itu untuk Anda. Kuncinya, jangan malu bertanya sebab Anda akan sesat di jalan.

6. Saat Anda akan berangkat memancing, belilah dan gunakanlah umpan hidup. Anda harus tahu bahwa umpan hidup atau alami sangat direkomendasikan untuk seorang pemula. umpan hidup biasanya baik untuk menarik ikan dan menyambarnya. Setelah Anda mendapatkan beberapa pengalaman, Anda bisa menjajal menggunakan umpan buatan (lure).

Baca juga : Belajar Memancing Sejak Dini


Sekarang Anda sudah siap memancing? Jangan menunggu lebih lama lagi! ikan pertama Anda sudah menunggu. Bergegaslah dan nikmati sensasinya. Salam Fish On! Pitutur

LihatTutupKomentar