Buku Digital dan Kelas Virtual

Buku Digital dan Kelas Virtual

Buku Digital dan Kelas Virtual 


Abad teknologi informasi. Itulah ciri utama masa sekarang ini. Kegiatan dalam masyarakat semuanya terpengaruh oleh penggunaan teknologi tertutama teknologi komunikasi. Komuputer dan smartpone bukan lagi menjadi benda mewah namun sudah menjadi kebutuhan keseharian. Masuknya teknologi dalam dunia pendidikan perlu diantisipasi agar memberikan kontribusi positif kepada peserta didik di masa mendatang.

Tulisan singkat ini bermaksud memberikan sedikit wawasan tentang gejala yang akan terjadi pada kegiatan pendidikan mendatang. Hal ini penting untuk kita sadari agar pendidik mampu melakukan modifikasi pengajaran sesuai dengan tuntutan perubahan jaman.

Hal apa saja yang akan berubah dan mempengaruhi kegiatan pembelajaran kita?

Perubahan itu sesungguhnya telah terjadi dan kita rasakan sekarang. Sumber belajar sekarang tak lagi tergantung satu-satunya dari buku teks. Demikian halnya tempat belajar tak lagi hanya dalam kelas. Materi ajar dengan cepat dapat didapat siswa. Hal-hal itu dimasa mendatang polanya akan makin menguat.

Bahan Ajar Digital


Sumber belajar masa kini telah bergeser dari buku konvensional menjadi buku digital. Dengan makin perkembangan sumber belajar digital kita harus mampu mengelola sumber belajar. Pengelolaan tersebut sekurang-kurangnya meliputi kegiatan mencari, menyimpan dan menyajikan kembali materi ajar digital tersebut.

Dalam hal mencari sumber ajar selain dari internet juga bisa dari CD room multimedia yang ada di pasaran. Materi ajar yang bersumber dari internet sangat berlimpah ada yang berbayar namun bayak juga yang tanpa bayar. Kita bisa memilih materi-materi ajar sesuai kebutuhan. Lalu melakukan pengunduhan.

Selain bahan ajar yang bersifat data yang terpisah ada juga yang sudah berbentuk e-book atau buku elektronik. E-book merupakan kumpulan informasi yang telah dibukukakan bersifat digital. Dewasa ini banyak beredar e-book yang berisi materi pelajaran maupun materi umum. Dengan memiliki e-book maka kita lebih mudah memilih bahan ajar yang akan kita ajarkan kepadsa siswa.

Sebelum materi kita unduh pastikan memiliki folder untuk penyimpanan data. Foder tersebut dapat dilakukan penataan sesuai dengan waktu atau tema pembelajaran yang akan kita lakukan. Jika materi hasil undungan cukup bayak maka pastikan kita memiliki ruang penyimpanan yang besar. Ruang penyimpanan itu bisa berupa hardisk di dalam computer maupun di luar komputer. Pada perkembangan terkini, tempat penyimpanan itu juga telah tersedia secara online atau claud.

Kelas Virtual


Kelas pembelajaran juga mengalami perubahan. Dahulu kelas disekat oleh tembok-tembok sebagai pembatas antar kelas. Sedangkan kelas masa mendatang tak lagi mengenal sekat tembok. Pembelajaran bisa dilakukan menembus batas tembok. Interaksi antara guru dan siswa dapat diatur melalui perangkat internet sehingga pembelajaran tetap bisa berlangsung antar tempat yang jauh.

Dengan kelas virtual pembelajaran juga bisa diatur menurun waktu yang disepakati. Dapat pula diatur durasi berlangsung kegiatan. Meskipun tidak sedekat interaksi yang terjalin pada kelas konvensional, kelas virtual juga memungkinkan kita berkomunikasi dengen peserta didik. Dengan adanya komunikasi ini maka akan terjadi umpan balik kegiatan.

Seperti halnya pada abad pertengahan ditandai abad renaissance (era kebebasan berpikir). Abad 21 akan diwarnai era informasi. Dengan perubahan tersebut maka anak didik kita perlu dipersiapkan kemampuan sesuai dengan jamannya.

https://www.youtube.com/watch?app=desktop&v=Ond5WIptCPs
LihatTutupKomentar